Cara Membuat Infografis di Adobe Photoshop, Tutorial Pemula Anak Desain!

- Kamis, 11 Mei 2023 | 13:52 WIB
Cara Membuat Infografis di Adobe Photoshop dengan mudah simpel dan keren (Canva)
Cara Membuat Infografis di Adobe Photoshop dengan mudah simpel dan keren (Canva)

OKEGUYS - Cara membuat infografis di Adobe Photoshop memang terbilang cukup sulit, terutama untuk para pemula.

Membuat infogratis sendiri biasanya dilakukan untuk membuat laporan atau berita acara serta panduan di salah satu perusahaan.

Nah, bagi kalian yang masih bingung bagimana cara membuat infografis di Adobe Photoshop, OKG punya tutorialnya nih.

Baca Juga: Jadi Yang Pertama, Dell Rilis Monitor Lengkung Ultrasharp 38 Dengan Teknologi WQHD+! Cek Spek Dan Harganya

Cara Membuat Infografis di Adobe Photoshop

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat infografis di Adobe Photoshop:

  • Buka Adobe Photoshop dan buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai untuk infografis kalian. Pilih ukuran dan orientasi yang cocok untuk tampilan horizontal atau vertikal.

  • Tentukan tema dan tujuan infografis kalian. Pertimbangkan informasi yang ingin kalian sampaikan dan bagaimana kalian ingin merancang tampilan visualnya.

  • Mulai dengan membuat latar belakang infografis. kalian dapat menggunakan alat "Rectangle" (Persegi Panjang) atau "Shape" (Bentuk) untuk membuat bentuk dasar sebagai latar belakang. kalian dapat menggunakan warna solid, gradasi warna, atau gambar sebagai latar belakang.

Baca Juga: Selisih Satu Jutaan, Perbedaan Spesifikasi Poco F5 dan Poco F5 Pro Minim Banget! Lebih Pilih Mana?

  • Gunakan alat "Text" (Teks) untuk menambahkan teks ke infografis kalian. Tentukan judul, subjudul, dan bagian-bagian penting lainnya. Pilih font, ukuran, dan warna yang sesuai dengan tema dan gaya infografis.

  • Gunakan alat "Shape" (Bentuk) untuk membuat ikon atau simbol yang sesuai dengan informasi yang ingin kalian sampaikan. kalian dapat menggunakan alat "Pen" (Pena) untuk menggambar bentuk kustom atau memanfaatkan bentuk-bentuk dasar yang sudah ada.

  • Gunakan alat "Line" (Garis) untuk menghubungkan elemen-elemen infografis atau menunjukkan aliran data atau informasi.

Baca Juga: Resmi, Harga Tiket Konser Coldplay Mulai dari 800 Ribu Hingga Rp 11 Juta!

  • Tambahkan grafik, diagram, atau bagan jika diperlukan. kalian dapat menggunakan alat "Bar Chart" (Grafik Batang), "Pie Chart" (Grafik Lingkaran), atau membuat bentuk kustom menggunakan alat "Pen" (Pena).

  • Atur tata letak elemen-elemen infografis dengan menjaga konsistensi dan keseimbangan visual. Pastikan informasi mudah dibaca dan dipahami oleh audiens.

  • Terapkan efek dan gaya visual tambahan jika diinginkan. Misalnya, kalian dapat menambahkan bayangan, efek tekstur, atau gradasi warna untuk memberikan dimensi visual yang lebih menarik.

Baca Juga: Cara Agar Google Form Tidak Dapat Diedit Orang Lain, Biar Gak Diacak-acak!

  • Lakukan revisi dan perbaikan jika diperlukan. Periksa kembali kesalahan ketik, pastikan semua informasi akurat, dan evaluasi apakah desain sudah sesuai dengan tujuan kalian.

  • Setelah selesai, kalian dapat menyimpan infografis kalian dalam format yang sesuai, seperti JPEG atau PNG, untuk digunakan dalam presentasi, web, atau cetakan.

Itulah langkah-langkah umum untuk membuat infografis di Adobe Photoshop. Pastikan kalian memiliki pengetahuan dasar tentang alat dan fitur Photoshop sebelum memulai.

Juga, ingatlah untuk mengambil inspirasi dari contoh-contoh infografis yang ada dan berkreasilah sesuai dengan gaya dan kebutuhan kalian sendiri.***

Editor: Ilhami Fajri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Install Photoshop di Chromebook Bisa Gak?

Kamis, 1 Juni 2023 | 21:00 WIB

Cara Merubah Huruf Kapital di Google Document

Rabu, 31 Mei 2023 | 11:25 WIB
X