Terungkap! Inilah Isi dari Black Box Pesawat


OKEGUYS – Apa itu Black Box? Adalah prangkat perekam yang berada di pesawat, prangkat ini sangat dilindungi dan sangat penting, layaknya hard disk atau kartu memori.

Tidak seperti namanya Black Box memiliki warna oranye, dan menjadi prangkat yang tidak bisa dihancurkan, dan dapat merekam semua data penerbangan.

Selain dapat merekam semua data penerbangan dan percakapan di kokpit. Black Box juga dapat merekam pengumuman komputer scara otomatis dan lintas radio serta diskusi dengan awak dan pengumuman kepada penumpang. Suara sakelar dan mesin juga dapat direkam oleh prangkat tersebut.

Mengapa prangkat tersebut sangat penting, karena percakapan pribadi antara pilot juga direkam dalam Black Box. Itulah sebabnya file audio yang diambil harus ditangin dengan hati-hati sebagai upaya perlindungan data.



Selain dapat merekam perangkat itu juga dapat mengirim sinyal hingga 30 hari, jika terjadi suatu kecelakaan, Black Box memiliki sistem sinyal darurat berupa sinyal “ping”. Sinyal tersebut berfungsi sebagai pendeteksi lokasi keberadaan prangkat itu.

SC: https://www.cnnindonesia.com/

Sinyal akan dikirim setiap satu detik sekali  secara otomatis selama 30 hari. Sinyal itu juga bergantung pada baterai yang dimiliki prangkat ini.

Para ahli juga memperhitungkan waktu sinyal paling optimal adalah 6 sampai 10 hari sampai baterai melemah .

Dalam prangkat yang kuat ini, terdapat dua bagian penting, yakni Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR).



FDR sendiri berisi rekamam kecepatan pesawat, ketinggian, percepatan vertikal dan aliran bahan bakar. Dengan menganalisi data yang ada di FDR, kita dapat mengetahui teknis terjadinya kecelakan sebuah pesawat.

Sementara untuk CVR ini berisi rekamam percakapan yang terjadi di kokpit. Percakapan pilot dan kopilot yang terjadi sebelum kecelakan dapat memperjelas investigasi kecelakaan pesawat.

Namun hanya ada sedikit badan khusus di dunia yang dapat mengevaluasi Black Box, dan tidak setiap badan mampu memeriksa berbagai model.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password