Tutorial Suara Berat Ala Reportase Investigasi di Adobe Audition


Kadang dalam sebuah tayangan memang perlu yang namanya penyembunyian identitas. Tak hanya menyembunyikan tampilan wajah, biasanya sang narasumber akan disamarkan suaranya agar tidak ketahuan. Nah, pasti kalian pernah nonton di suatu acara investigasi.

Pada saat menjelaskan informasi, suara dari narasumber menjadi lebih berat dan terkesan seperti suara monster di film-film.

Tapi ngomong-ngomong, kalian tau gak guys gimana cara bikinnya?

Gampang banget! Kalian bisa coba edit di aplikasi Adobe Audition. Yuk ikutin tutorialnya!



Tutorial Suara Berat Ala Reportase Investigasi di Adobe Audition

Pastikan kamu punya Adobe Audition dan siapkan terlebih dahulu file audio yang suaranya akan kamu samarkan.

Langkah 1 – Drag File Audio ke Adobe Audition

File yang sudah kalian persiapkan langsung kalian ‘Drag’ ke kolom aplikasi Adobe Audition. Bila berhasil maka akan terdapat tampilan spektrum di layar kalian.

Atau juga bisa gunakan cara lain, yakni dengan klik File > Open > lalu pilih file yang kalian inginkan.

Langkah 2 – Gunakan Stretch and Pitch (process)

Sebelum masuk ke menu ‘Stretch and Pitch (process)’ jangan lupa untuk lakukan ‘Select All’ dengan menekan Ctrl + A pada keyboard.



Setelah terseleksi buka menu ‘Stretch and Pitch (process)’ dengan membuka Effect > Time and Pitch > Stretch and Pitch (process).

Langkah 3 – Ubah Presets ke ‘Lower Pitch’

Di bagian kolom ‘Presets’, ubah menjadi pilihan ‘Lower Pitch’. Nah, sebetulnya suara dari audio kalian sudah berubah menjadi lebih rendah dan berat. Untuk mengetahui seperti apa perubahannya kalian bisa coba ‘Play’ dengan menekan Spasi pada Keyboard, dan tekan kembali untuk ‘Pause’.



Namun, apabila kalian rasa suara masih kurang rendah atau berat, kalian bisa geser tombol ‘Pitch Shift’ ke arah kiri sesuai dengan kebutuhan.

Langkah 4 – Apply

Kalau sudah mendapatkan pengaturan yang cocok, kalian tinggal klik tombol ‘Apply’ di bagian bawah kotak.

Jadi deh suara ngebass ala berita investigasi!

Gimana, gampang banget kan? Oh ya, jangan ragu untuk mencoba-coba atau eksplor dengan pengaturan yang kamu inginkan, karena tutorial di atas hanya sekedar membagikan cara mendasarnya, sisanya kalian kreasikan sendiri.

Selamat mencoba dan belajar!

Bila memang ada pertanyaan seputar Adobe Audition, silahkan tulis di kolom komentar ya guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password