Tutorial untuk ‘Generate Tone’ dengan Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini kita akan membahas tentang cara lakukan Generate Tone dengan aplikasi Adobe Audition. Dengan fitur Generate Tone kalian bisa hasilkan ‘bunyi’ yang bisa untuk dijadikan backsound efek dan lain sebagainya.

Ada beberapa Preset yang tentunya bisa hasilkan beragam bunyi-bunyian. Mungkin kalau kalian dengarkan sekilas memang terdengar aneh, tetapi kalau sudah kalian susun dan olah bisa hasilkan backsound efek yang keren.

Untuk itu, kita cari tau dulu nih gimana caranya lakukan ‘Generate Tone’. Ikutin langkah-langkahnya di bawah ini ya guys!

Tutorial untuk ‘Generate Tone’ dengan Adobe Audition

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Bila sudah, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga Adobe Audition terbuka di layar monitor kalian.



Langkah 1 – Buat Multitrack

Setelah aplikasi Adobe Audition sudah terbuka di layar monitor, selanjutnya kalian bisa terlebih dahulu membuat Multitrack Session. Caranya kalian pergi ke kolom File > New > Multitrack Session.

Beri nama file Project yang kalian buat, kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Generate Tone

Kalau Multitrack sudah berhasil kalian buat, maka akan muncul tampilan beberapa Track di layar monitor kalian. Langkah selanjutnya, kalian bisa langsung lakukan Generate Tone.



Caranya kalian pergi ke kolom Effects > Generate > Tone.

Selanjutnya kalian akan diminta untuk memberi nama sampel audio dari Tone yang kalian buat nantinya.

Langkah 3 – Pilih Presets

Sampai sini kalian bisa coba-coba sendiri ‘Presets’ yang tersedia. Semisal kalian ingin membuat atau menciptakan ‘bunyi-bunyian’ sendiri juga bisa.



Kalian bisa atur beberapa settingan yang ada pada setelan ‘Default’ untuk hasilkan bunyi yang diinginkan.

Bila memang sudah puas, langsung klik ‘Ok’ dan bunyi yang kalian pilih akan langsung masuk ke dalam Track.

Langkah 4 – Tambahkan Efek

Langkah ini sebetulnya benar-benar opsional sih guys! Kalau semisal kalian sudah puas dengan bunyi yang dihasilkan, langkah ini bisa kalian skip.

Untuk menambahkan Efek, kalian bisa klik logo ‘Segitiga Putih’ yang ada pada Effects Rack, kemudian pilih efek yang akan kalian gunakan.

Misal sebagai contoh, di sini kita akan tambahkan Reverb dan gunakan Presets ‘Center Stage’. Kalau sudah klik ‘Ok’.

Nah, kalian bisa berkreasi dengan efek-efek yang ada dan jangan membatasi diri kalian. Kalau kalian sudah selesai, jangan lupa untuk lakukan Export ya guys!

Kalau kalian punya pertanyaan tentang tutorial Adobe Audition, jangan ragu untuk tanyakan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password