Tutorial Ubah Tampilan Warna Audio Klip di Adobe Audition


Oke guys, semisal kalian harus menemukan audio klip tertentu di antara begitu banyak potongan klip lainnya, apa yang kalian lakukan? Semua akan terlihat hampir sama, potongan spektrum audio dengan warna senada.

Solusinya, kalian bisa membedakan warna audio klip dalam sebuah Track. Sehingga kalian akan lebih mudah untuk menemukan potongan klip tertentu yang berada di antara potongan lainnya. Kalau sebelumnya kita sudah bisa merubah warna Track di Adobe Audition, kali ini kita akan merubah warna klip audionya.

Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti tutorialnya di bawah ini, yang jelas gampang banget dan caranya gak jauh berbeda dengan tutorial merubah warna Track.

Tutorial Ubah Tampilan Warna Audio Klip di Adobe Audition

Pertama-tama, kalian bisa pastikan terlebih dahulu nih kalau aplikasi Adobe Audition di PC atau Laptop kalian sudah terpasang dengan baik. Kalau memang sudah, kalian bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut dan menunggunya hingga terbuka!



Langkah 1 – Buka/Buat Multitrack

Kalau kalian sudah mempersiapkan project yang sebelumnya kalian buat, kalian bisa membuka project tersebut, tinggal klik File > Open > Pilih file .sesx.

Kalau belum, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.

Langkah 2 – Susun Beberapa Klip dalam 1 Track

Sebagai contoh, kalian bisa coba terlebih dahulu menyusun beberapa klip audio berjejer dalam 1 buah Track. Bisa dilihat klip-klip audio tersebut seragam atau memiliki warna sama sesuai dengan warna pada Track.



Kita akan merubah salah satu audio klip dalam Track dengan warna yang berbeda. Sehingga sewaktu-waktu ingin melakukan sesuatu pada klip tersebut, kita tidak perlu lagi mencari-carinya dengan susah.

Langkah 3 – Clip/Group Colour

Pilih salah satu klip yang akan kita ubah warnanya guys, kemudian lakukan klik kanan pada klip tersebut. Selanjutnya pilih opsi Clip/Group Colour.

Akan muncul semacam palet warna di layar monitor, di mana kalian bisa bebas merubah warna klip dengan warna-warna yang ada.

Langkah 4 – Pilih Warna



Setelah muncul beberapa pilihan warna, sekarang kalian tentukan mau warna apa. Kalau kalian sudah memilih, klik pada warna tersebut. Selanjutnya, secara otomatis klip yang tadi kalian pilih warnanya akan berubah.

Kalau sudah tinggal klik ‘Ok’.

Gimana guys? Ternyata gampang banget kan?

Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password