Tutorial Ubah Tampilan ke Stacked Panels di Adobe Audition


Oke guys, pada awal kalian membuka Multitrack aplikasi Audition tentunya akan menampilkan tampilan ‘Default’ atau pengaturan standar DAW tersebut. Boleh jadi beberapa dari kalian merasa kurang nyaman dengan tampilan yang ada dan ingin merubah beberapa tampilan Panels yang ada. Bisa kok!

Pada tutorial kali ini berguna banget buat kalian yang ingin merubah tampilan Panel dengan Tab menyamping menjadi tampilan Stacked Panels. Beberapa pengguna Adobe mungkin sudah gak asing dengan ‘Stacked Panels’ itu sendiri. Di mana nanti nya Tab akan berjejer ke bawah, dan ketika kalian klik Tab tersebut akan terbuka menggeser ke bawah.

Mungkin buat sebagian orang ini tidak penting, tapi gak sedikit juga kok yang lebih nyaman dengan tampilan Stacked Panel.

Bagaimana cara merubahnya? Biar kalian gak bingung, langsung ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!



Tutorial Ubah Tampilan ke Stack Panels di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut masuk ke bagian langkah-langkah, pastikan dulu kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang dengan baik di Adobe Audition. Kalau sudah, kalian bisa langsung jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buka/Buat Multitrack

Kalau kalian sudah mempersiapkan project yang sebelumnya kalian buat, kalian bisa membuka project tersebut, tinggal klik File > Open > Pilih file .sesx.

Kalau belum, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.

Langkah 2 – Pilih Panel



Setelah kalian membuka Multitrack dalam Adobe Audition, kalian akan melihat beberapa Panels yang muncul. Kalian tentukan mana yang akan kalian ubah tampilannya menjadi Stacked Panel. Misal kita pilih panel di sisi kiri bagian tengah.

Pada panel tersebut berisikan beberapa Tab, yakni Media Browser, Effects Rack, Markers, dan Properties. Dan bisa dilihat tampilannya masih default menyamping.

Langkah 3 – Klik Salah Satu Tab

Kemudian, setelah kalian menentukan Panel mana yang akan kalian ubah, selanjutnya klik salah satu Tab pada panel tersebut.

Klik 3 garis horizontal di samping judul Tab > Panel Group Setting > Stacked Panel Group.



Bisa kalian lihat, tampilan Tab pada panel tersebut berjejer ke bawah. Oh iya, biar kalian gak kehilangan susunan yang ada, simpan tampilan workspace yang telah diatur ya guys! Untuk caranya bisa lihat di link berikut!

Kalau semisal ada pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password