Tutorial Ubah Pola Ketukan Metronome di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini berguna buat kalian yang tengah merekam audio di Adobe Audition. Di mana salah satu fitur bernama Metronome menjadi hal yang sangat diperhatikan guna menjaga tempo dari audio yang direkam.

Ketika Metronome diaktifkan, maka akan terdengar suara ketukan dan jeda yang menjadi patokan tempo. Nah, pola antara ketukan dan jeda, bisa kalian atur sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan kalian lho guys!

Gimana sih caranya?

Langsung aja deh, ikutin beberapa langkah di bawah ini ya!



Tutorial Ubah Pola Ketukan Metronome di Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah, jangan lupa buat pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Jika memang sudah, yang perlu kalian lakukan adalah jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Aktifkan Toggle Metronome

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar monitor, selanjutnya kalian aktifkan Toggle Metronome. Posisinya ada di bagian atas timeline, seperti pada gambar. Klik hingga Toggle tersebut berwarna biru!

Langkah 2 – Edit Pattern Metronome

Selanjutnya, untuk mengubah pola, kalian perlu membuka jendela ‘Edit Pattern’ yang ada pada sub ‘Metronome’.



Caranya, kalian pergi ke Multitrack > Metronome > Edit Pattern.

Langkah 3 – Ubah Pola

Kemudian, akan muncul jendela Edit Pattern Metronome di layar monitor kalian. Yang perlu kalian lakukan adalah mengubah pola yang ada di jendela tersebut!

Ada 4 kotak yang bisa kalian isi, warna hijau untuk ‘Down Beat’ ketukan dengan nada rendah, warna merah untuk ‘Up Beat’ ketukan dengan suara yang lebih tinggi, warna kuning ‘Subdivision’ untuk ketukan tengah-tengah dan hitam yang berarti ‘None’ atau tidak ada ketukan di dalamnya.

Susunlah sesuai keinginan dan kebutuhan kalian guys!



Langkah 4 – Klik ‘Ok’

Kalau sudah kalian selesai menyusun pola ketukannya, selanjutnya adalah tinggal klik ‘Ok’.

Selesai deh! Kalau kalian mau mendengarkannya, tinggal klik tombol ‘Space’ pada keyboard kalian dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Gampang banget kan guys? Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password