Tutorial Suara Hujan Deras dengan Aplikasi Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini kita akan kembali memanfaatkan noise di Adobe Audition. Kita akan membuat noise yang ada terdengar seperti suara hujan yang begitu deras. Cara buatnya gampang banget kok guys, dan siapa tau kan kalian butuh suara tersebut untuk membangun ambience dalam film yang kalian garap.

Biar kalian gak bingung bagaimana cara membuatnya, langsung ikutin aja yuk langkah-langkah di bawah ini!

Tutorial Suara Hujan Deras dengan Aplikasi Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, kalian bisa pastikan dulu nih kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian. Kalau sudah, kalian tinggal jalankan dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack



Pertama-tama, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.

Langkah 2 – Generate Noise

Untuk menciptakan suara hujan deras, kalian bisa memanfaatkan salah satu Preset yang ada di fitur Generate Noise. Tapi, terlebih dahulu kita buat noisenya, caranya kalian klik Effects > Generate > Noise.

Kemudian akan muncul box yang meminta kalian untuk memberi nama sampel audio. Kalian isi namanya sesuai keinginan, selanjutnya klik ‘Ok’.



Langkah 3 – Gunakan Preset Pink Spatial Stereo 700 Delay

Ada beberapa Presets yang bisa kalian gunakan dalam menciptakan sampel Noise, untuk menciptakan suara seperti hujan deras kita akan gunakan Preset Pink Spatial Stereo 700 Delay. Oleh karenanya, kalian bisa coba ubah ke opsi tersebut.

Kalau sudah, selanjutnya kalian klik ‘Ok’.

Langkah 4 – Tambahkan Convolution Reverb

Supaya suaranya makin terdengar natural, kalian bisa tambahkan Preset Bitter Hallway yang ada pada efek Convolution Reverb. Untuk menambahkannya, kalian bisa klik Effects Rack > Reverb > Convolution Reverb. Dan jangan lupa ubah Presetnya ya guys!



Selesai deh! Kalian bisa coba dengarkan hasilnya dengan menekan tombol ‘Space’ pada Keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Gimana guys, simpel banget kan?

Kalau kalian masih merasa bingung dengan tutorial yang ada di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa untuk tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password