Tutorial Sinkronisasi 2 Audio Podcast dengan Adobe Audition


Oke guys, biasanya ketika 2 orang atau lebih tengah berbincang-bincang dalam sebuah Podcast, akan direkam dalam 1 waktu dan 1 DAW. Sehingga beberapa input audio yang masuk tak perlu lagi disinkronisasi karena tersusun otomatis. Nah, bagaimana kalau audio klip antara 1 orang dengan orang yang lain terpisah? Bagaimana cara mudah untuk menggabungkan dan mensinkronisasikannya?

Pada episode tutorial kali ini kita bakalan mencari cara mudah untuk menyelesaikan case di atas menggunakan DAW Adobe Audition! Seperti apa caranya? Biar gak bingung, langsung ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!

Tutorial Sinkronisasi 2 Audio Podcast dengan Adobe Audition

Untuk mempermudah saat sinkronisasi, kalian perlu membuat ‘Clap’ atau tepukan di awal saat melakukan record. ‘Clap’ tersebut berguna sebagai penanda atau patokan sinkronisasi.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah, persiapkan dahulu audio percakapan yang akan kalian gabung dan sinkronisasi. Kemudian, pastikan juga kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian dengan baik.



Kalau sudah, selanjutnya kalian tinggal jalankan dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack

Pertama-tama, untuk menggabungkan beberapa audio sekaligus kalian bisa terlebih dahulu membuat Multitrack. Caranya klik File > New > Multitrack Session. Kemudian, kalian perlu memberi nama project yang akan kalian kerjakan.

Kalau sudah, tinggal klik Ok.

Langkah 2 – Memasukkan Audio



Setelah Multitrack sudah terbuka di layar monitor kalian, selanjutnya masukkan audio-audio yang akan kalian gunakan. Caranya, kalian hanya perlu melakukan ‘Drag’ audio tersebut dari folder ke Multitrack.

Letakkan masing-masing audio pada Track yang berbeda.

Langkah 3 – Sinkronisasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kalian disarankan melakukan ‘Clap’ pada awal melakukan perekaman. Untuk melakukan sinkronisasi, kalian perlu menggeser dan mengatur klip audio, hingga pada posisi dentuman ‘Clap’ yang sejajar.

Setelah sejajar, maka masing-masing audio kalian sudah saling tersinkronisasi deh!



Selanjutnya kalian tinggal buang bagian yang tidak diperlukan dan jangan lupa Export ya guys!

Gampang banget kan? Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password