Tutorial Paste Effect ke Track Lain di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini berguna banget buat efisiensi waktu ketika kalian tengah mengedit audio di Adobe Audition. Yakni, melakukan semacam copy-paste 1 efek, dari sebuah Track ke Track yang lainnya. Sehingga gak perlu lagi tuh yang namanya memasukkan efek dan mengaturnya secara berulang.

Waktu kalian buat ngedit jadi lebih cepat guys!

Mungkin beberapa dari kalian pernah berpikir untuk menekan Ctrl + C dan Ctrl + V pada efek yang ingin kalian copy. Dan cara tersebut tidak berhasil tentunya. Gimana sih caranya menduplikasi efek dalam sebuah Track?

Susah gak ya kira-kira? Langsung aja deh, ikutin tutorialnya di bawah ini!



Tutorial Paste Effect ke Track Lain di Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian dengan baik. Kalau sudah, kalian tinggal jalankan aplikasi dan tunggu hingga terbuka.

Langkah 1 – Buat/Buka Multitrack

Kalau aplikasi Adobe Audition sudah terbuka di layar monitor, maka kalian bisa membuka project Multitrack yang sebelumnya sudah kalian buat. Caranya, klik File > Open > Pilih file .sesx.

Kalau kalian belum sempat membuat, kalian bisa membuat file Multitracknya terlebih dulu, caranya kalian klik File > New > Multitrack Session. Selanjutnya, kalian beri nama project dan klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Isi Effects Rack



Selanjutnya, kalian akan melihat deretan Track di layar monitor. Langkah berikutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengisi Effects Rack salah satu Track dengan salah satu Effects. Kalian tinggal klik segitiga putih, lalu pilih efek yang akan kalian pilih.

Kalau sudah, barulah muncul pertanyaan, bagaimanakah caranya mengcopy efek yang sama untuk Track yang lain?

Jawabannya ada pada langkah yang selanjutnya.

Langkah 3 – Drag Efek ke Track yang kalian inginkan

Untuk melakukan Copy effect, kalian tidak perlu tekan tombol apa-apa guys. Kalian hanya perlu klik, lalu ‘Drag’ efek yang ada ke Track lain.



Maka secara otomatis efek tersebut akan ter-copy.

Langkah 4 – Pakai Cara Save Presets

Mungkin kalian berpikir, cara tersebut masih kurang cepat karena hanya menduplikasi satu efek. Kalian bisa menggunakan cara ‘Save Preset’, jadi kalian bisa menyimpan beberapa settingan efek sekaligus.

Kemudian ketika ingin mengaplikasikannya di Track lain, kalian tinggal pergi ke Track Effects kemudian ubah ke preset yang kalian simpan tadi! Cara lebih detailnya lihat di link ini ya guys!

Ternyata gampang banget kan guys! Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password