Tutorial Mudah Sensor Audio Klip Podcast di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini bermanfaat banget buat kalian yang punya Podcast. Kita akan membahas cara untuk melakukan sensor pada klip audio. Sensor sendiri biasanya dilakukan karena ada perkataan yang dianggap kasar, tidak pantas atau memuat pembahasan yang terlalu sensitif.

Tentunya kalian pernah sesekali mendengar suara ‘Beep’ di tengah-tengah pembahasan suatu Podcast kan? Nah, itu yang namanya sensor.

Kalau kalian mau melakukan sensor pada audio Podcast kalian caranya gampang banget kok! Yang kalian perlukan hanya bantuan aplikasi DAW, salah satunya Adobe Audition.

Bagaimana caranya? Langsung aja ikutin langkah-langkahnya di bawah ini!



Tutorial Mudah Sensor Audio Klip Podcast di Adobe Audition

Pertama-tama persiapkan audio klip Podcast kalian dan pastikan aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian.

Kalau sudah, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack Session

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar monitor, untuk langkah awal kalian bisa membuat Multitrack Session terlebih dahulu. Kalian pergi ke File > New > Multitrack Session.

Atur nama Project kalian, kemudian klik ‘Ok’.



Langkah 2 – Masukkan Audio Klip

Setelah Project kalian terbuka, masukkan audio klip Podcast kalian. Caranya, kalian bisa langsung ‘Drag’ file audio dari folder ke salah satu Track.

Kalau sudah maka akan muncul gambar spektrum audio di layar monitor kalian.

Langkah 3 – Potong Audio Clip

Kemudian, kalian bisa potong bagian yang akan kalian sensor dengan Razor Clips Selected Tool. Potong kemudian ‘Delete’ bagian tersebut.



Langkah 4 – Generate Tone

Buatlah Tone untuk suara ‘Beep’ pada Track 2. Caranya klik Effects > Generate > Tone. Beri nama sampel Tone tersebut, kemudian klik ‘Ok’.

Gunakan Presets ‘Default’ dan sedikit ubah Base Frequency menjadi 937Hz. Kalau sudah, kalian tinggal klik ‘Ok’.

Langkah 5 – Isi Bagian Kosong dengan Tone

Setelah kalian mendapatkan sensor audionya, potong dan sesuaikan pada bagian audio klip yang kosong. Sehingga, ketika kalian memainkan audionya, maka bagian yang disensor suaranya menghilang dan tergantikan dengan suara ‘Beep’.

Gimana? Gampang banget kan guys!

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password