Tutorial Mudah Efek Audio Underwater di Adobe Audition


Oke guys, trik audio kali ini cocok buat kalian yang suka buat video-video vlog cinematic berkaitan dengan adventure. Mungkin kalian pernah menonton video dengan footage seseorang lompat ke laut atau kolam renang, dan seketika backsound musik berubah menjadi mendem mengikuti timing orang tersebut masuk ke dalam air.

Penerapan efek tersebut tentu bukan tanpa alasan, boleh jadi untuk meningkatkan ‘feel’ dari video yang ditayangkan. Nantinya, kalian bisa juga kok kombinasikan penerapan efek Underwater ini di Adobe Audition dengan keyframe maupun efek-efek lainnya.

Biar kalian gak kebingungan, ikutin tutorial di bawah ini ya guys!

Tutorial Efek Audio Underwater di Adobe Audition

Pertama-tama kalian persiapkan dulu nih audio yang akan kalian tambahkan efek Underwater. Pastikan juga kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian.



Kalau sudah tinggal jalankan dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Masukkan Audio

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar monitor, langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah masukkan audio ke Workspace. Kalian bisa langsung ‘Drag’ audio dari folder ke Workspace. Bila sudah, maka akan muncul spektrum audio seperti di gambar atas.

Kalian juga bisa melakukannya dengan cara lain, yakni dengan klik File > Open > Pilih File.

Untuk shortcut keyboardnya, kalian bisa menekan Ctrl + O.



Langkah 2 – Gunakan FFT Filter

Untuk mendapatkan efek Underwater kalian bisa menggunakan efek FFT Filter, caranya tinggal klik Effects > Filter and EQ > FFT Filter.

Kemudian akan muncul jendela FFT Filter di layar monitor.

Langkah 3 – Ubah Preset menjadi Underwater Shalow

Ada beberapa Preset yang bisa kamu gunakan di FFT Filter, termasuk efek Underwater. Sekarang kalian tinggal ubah kolom Presets menjadi Underwater Shalow.



Kalau sudah coba deh kalian ‘Play’ audionya dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Langkah 4 – Custom Kurva

Pada jendela FFT Filter terlihat kalau ada kurva yang tergambar. Semisal kalian belum puas dengan hasilnya ketika preview, kalian bisa meng-custom untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tapi kalau kalian sudah puas dengan settingan dari Preset, kalian bisa skip langkah berikut.

Langkah 5 – Apply

Yang gak boleh ketinggalan, setelah puas dengan outputnya, kalian tinggal klik ‘Apply’. Dengan begitu pengaturan efek yang sudah kamu atur sedemikian rupa teraplikasikan.

Gimana guys, gampang banget kan?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password