Tutorial Meredam Noise dengan DeNoise di Adobe Audition


Oke guys, noise kadang memang menjadi masalah yang menyebalkan dalam produksi audio. Audio kita jadi terganggu dengan suara yang tidak diinginkan dan seolah membuat output terdengar kurang profesional.

Ada beberapa cara menghilangkan noise di aplikasi Adobe Audition, salah satunya dengan menggunakan fitur ‘DeNoise’. Dengan bantuan fitur ini, noise yang ada pada audio bisa teratasi guys!

Gimana sih cara menggunakannya? Susah gak ya?

Langsung ikutin tutorial di bawah ini ya guys!



Tutorial Meredam Noise dengan DeNoise di Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah pada tutorial ini, persiapkan dulu file audio yang perlu kalian edit. Selanjutnya, pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian!

Kalau sudah, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka di layar monitor kalian.

Langkah 1 – Masukkan File

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka, masukkan file audio yang akan kalian redam bagian noisenya. Caranya, kalian bisa langsung ‘Drag’ audio dari folder ke kolom aplikasi. Bila sudah terbuka, maka akan terlihat gambar spektrum audio di layar monitor kalian.

Kalian juga bisa membuka dari jendela Adobe Audition, tinggal pergi ke File > Open > Pilih Filenya.



Bisa juga gunakan shortcut keyboard dengan menekan Ctrl + O.

Langkah 2 – Pergi ke DeNoise

Untuk menggunakan fitur DeNoise, kalian pergi ke kolom Effects > Noise Reduction/Restoration > DeNoise. maka selanjutnya akan muncul jendela DeNoise di layar monitor.

Langkah 3 – Ubah Pengaturan Amount

Setelah jendela DeNoise Muncul di layar, kalian bisa atur bagian Amount sesuai dengan kebutuhan guys. Disarankan untuk tidak berlebihan dalam pengaturannya, cari takaran yang ‘pas’ agar kualitas output masih nyaman didengar.



Kemudian, kalau kalian ingin cara instan tanpa perlu mengatur-atur, kalian bisa gunakan pilihan Preset di jendela DeNoise. Ada 2 Presets, yakni Heavy dan Light Noise Reduction.

Langkah 4 – Apply

Kalau kalian sudah puas dengan hasil yang ada, langkah berikutnya adalah klik tombol ‘Apply’ untuk mengaplikasikan pengaturan DeNoise yang sudah kalian kerjakan.

Gimana guys? Semudah itu kan?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tanyakan di kolom komentar ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password