Tutorial Menyematkan Audio Watermark di Adobe Audition


Oke guys, setiap karya audio yang kalian buat tentunya butuh pengakuan kalau ciptaan tersebut merupakan milik kalian. Kadang menaruhnya di internet memang membuatnya lebih mudah terlihat oleh orang lain, tapi sayangnya beberapa orang ada yang main menggunakannya saja tanpa sepengetahuan atau izin dari kalian. Kalau sudah begini tentu saja merugikan.

Kalian bisa mensiasatinya dengan membuat semacam watermark pada audio kalian nih guys! Mungkin kalian pernah mendengar watermark audio pada backsound musik Audio Jungle, nah kalian bisa membuatnya seperti itu dengan bantuan aplikasi Adobe Audition nih!

Biar kalian gak kebingungan, langsung aja yuk kalian ikutin langkah-langkahnya!

Tutorial Menyematkan Audio Watermark di Adobe Audition

Sebelum kalian masuk ke langkah-langkahnya, kalian bisa mempersiapkan audio yang akan kita berikan watermark dan juga audio dari watermark itu sendiri. Watermark tersebut bisa berupa penyebutan nama kalian atau sampel kreatif lainnya.



Kemudian, kalian pastikan juga nih guys kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop dengan baik. Kalau sudah, selanjutnya adalah menjalankan aplikasi tersebut dan menunggunya hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack

Pertama-tama, kalian bisa membuat file Multitracknya terlebih dahulu. Caranya, setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar monitor, kalian klik tombol File > New > Multitrack Session. Selanjutnya, kalian beri nama project yang akan kalian kerjakan sesuai keinginan dan klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Masukkan Audio

Kalian bisa memasukkan audio yang akan kalian beri watermark dan audio watermarknya itu sendiri. Caranya kalian bisa langsung lakukan Drag pada file audio dari folder ke Adobe Audition.



Perlu dicatat, kalian bisa susun audio utama dan watermark berada pada posisi Track yang berbeda ya guys!

Langkah 3 – Atur Posisi Watermark

Untuk langkah yang ini, kalian bebas mengatur posisi kemunculannya pada durasi berapapun sesuka kalian. Kalian juga bebas akan menggunakan berapa watermark dalam audionya.

Posisi yang ditunjukkan di atas hanya sekedar contoh ya guys! Misal kita meletakkannya pada bagian awal, tengah dan menjelang habis.

Gimana guys, ternyata gampang banget ya? Kalau sudah selesai dan puas dengan hasilnya, jangan lupa Export ya!



Semisal masih bingung dengan tutorial yang ada di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password