Tutorial Mengubah Tempo Audio di Adobe Audition


Kadang audio yang kalian temui punya tempo yang tidak sesuai dengan harapan, entah itu lebih cepat atau lebih lambat. Sehingga kadang kita perlu memperlambat atau mempercepat audio tersebut.

Nah, kalian bisa melakukan edit pada audio dengan bantuan aplikasi Adobe Audition. Mungkin buat kalian yang masih belum familiar dengan DAW Adobe Audition agak sedikit bingung, gimana sih caranya merubah tempo audio menggunakan aplikasi tersebut?

Sebetulnya caranya gampang banget setelah kalian tau.

Tutorial Mengubah Tempo Audio di Adobe Audition

Siapkan audio yang akan kalian ubah temponya dan pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Bila memang sudah terpasang kalian tinggal menjalankan aplikasi tersebut.



Langkah 1 – Buat Multitrack Session

Setelah Adobe Audition terbuka di layar monitor kalian, buatlah Multitrack Session! Caranya klik File > New > Multitrack Session.

Atau kalian bisa menekan tombol Ctrl + N di Keyboard kalian.

Silahkan ubah nama sesuai keinginan kalian dan ubah ‘Folder Location’ bila memang diperlukan, kemudian klik ‘Ok’.



Langkah 2 – Drag Audio ke Dalam Track

Setelah Multitrack Session terbuka, langsung masukkan file audionya ke dalam salah satu ‘Track’. Tinggal ‘Drag’ audionya ke ‘Track’ yang kamu pilih.

Langkah 3 – Nyalakan Toogle Global Clip Strecthing

Bila audio sudah masuk ke dalam ‘Track’ kalian nyalakan ‘Toogle Global Clip Strecthing’ dengan klik icon yang berbentuk seperti stopwatch.

Langkah 4 – Tarik Audio sesuai Kebutuhan



Ketika ‘Toogle Global Clip Strecthing’ sudah menyala, pada bagian pojok kanan dan kiri atas akan muncul segitiga berwarna putih.

Untuk mempercepat atau memperlambat tempo kalian klik segitiga tersebut sembari menggeser ke kiri atau ke kanan (stretch clips). Lakukan sesuai kebutuhan, baik mempercepat atau memperlambat.

Perlu dicatat kalau dengan melakukan (stretch clips) pada audio tentunya akan mengubah suara dari audio kalian. Boleh jadi audio akan terdengar lebih berat atau lebih cempreng, sehingga lebih baik untuk tidak menggunakannya secara berlebihan.

Gampang banget ya!

Kalau kalian punya pertanyaan seputar Adobe Audition kalian bisa tanya di kolom komentar!

Selamat mencoba dan belajar!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password