Tutorial Menghilangkan Vokal Sebuah Lagu di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini kita mulai dengan pertanyaan, “kalian suka karaoke-an?

Kalau iya, pasti tau kalau lagu yang berisikan instrumen musik pengiring saat kalian karaoke-an tidak ada vokalnya. Sehingga kalian bisa isi lagu tersebut dengan suara kalian yang merdu, (kalau merdu).

Kalau kalian punya lagu favorit, kalian juga bisa lho coba ubah menjadi instrumen buat karaoke. Yang perlu dilakukan adalah menghilangkan vokal dari lagu favorit kalian dengan bantuan aplikasi Adobe Audition.

Gampang banget kok guys!



Biar gak bingung kalian langsung aja ikutin tutorial di bawah ini!

Tutorial Menghilangkan Vokal Sebuah Lagu di Adobe Audition

Persiapkan dulu file lagu yang akan kalian hilangkan vokalnya dan pastikan di PC kalian sudah terpasang aplikasi Adobe Audition. Kalau sudah terpasang tinggal jalankan saja

Langkah 1 – Drag File Lagu ke Adobe Audition

Pilih terlebih dahulu filenya, kemudian langsung ‘Drag’ ke kolom aplikasi Adobe Audition. Maka selanjutnya akan muncul tampilan spektrum di layar kalian.

Atau juga bisa gunakan cara lain, yakni dengan klik File > Open > lalu pilih file yang kalian inginkan.



Kalau gak mau repot, Ctrl + O juga bisa.

Langkah 2 – Buka Efek Center Channel Extractor

Untuk menghilangkan vokal pada sebuah lagu kalian bisa menggunakan bantuan efek bawaan Adobe Audition bernama ‘Center Channel Extractor’. Caranya kalian pergi ke ‘Effects Rack’ yang terdapat di bagian kiri bawah layar. Kemudian pada kolom effect klik tanda segitiga/panah kanan, pilih ‘Stereo Imagery’ > ‘Center Channel Extractor’.

Langkah 3 – Ubah Presets menjadi Vocal Remove

Setelah ‘Center Channel Extractor’ terbuka, kalian ubah bagian presets’ menjadi ‘Vocal Remove’. Harusnya sampai tahap ini suara vokal sudah menghilang.



Kalian bisa coba dengarkan hasilnya, lakukan ‘Play’ dengan menekan tombol Spasi di Keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Kalau hasilnya belum seperti yang kalian inginkan, geser pengaturan pada beberapa bagian di kolom ‘Discrimination’ sampai kalian merasa sudah cukup. Tidak ada aturan yang pasti karena setiap audio membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Jika sudah klik ‘Close’ pada jendela ‘Center Channel Extractor’

Langkah 4 – Klik Apply

Bila sudah puas dengan hasilnya, kalian klik tombol ‘Apply’ pada bagian ‘Effects Rack’.

Jangan lupa buat ‘Export’ Audionya ya guys! Klik File > Export > File, atau untuk cara cepat kalian tekan tombol Ctrl + Shift + E.

Yes, sekarang kalian sudah bisa menghilangkan vokal dari lagu favorit nih!

Gampang banget kan?

Kalau kalian punya pertanyaan tentang tutorial di atas atau seputar apikasi Adobe Audition, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Selamat belajar dan mencoba!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password