Tutorial Menambah Fade In/Out di Adobe Audition


Fade in maupun Fade out kayanya jadi hal yang gak bisa lepas ketika kalian mengedit audio. Fade in dalam per-audio-an bisa dibilang ketika suara muncul perlahan dari pelan ke posisi yang lebih tinggi. Kebalikannya dari Fade out, suara menghilang perlahan dari posisi normal hingga 0.

Terus apa fungsinya Fade in/out? Jawabannya macam-macam, bisa sebagai transisi antar Audio Clip, agar potongan audio tidak terasa kasar dan bermacam-macam kebutuhan lainnya.

Dalam pembahasan kali ini, tentunya akan berkaitan dengan Fade in dan Fade out dalam aplikasi Adobe Audition!

Yup! Kita akan membahas bagaimana cara melakukan Fade in dan Fade out pada Adobe Audition. Mungkin akan terlihat begitu simpel dan mudah, karena tentunya cara ini ditujukan untuk pemula yang masih belum familiar dengan Adobe Audition.



Langsung saja ikutin cara berikut ya guys!

Tutorial Menambah Fade In/Out di Adobe Audition

Pertama-tama pastikan kalian sudah mempersiapkan audio yang akan kalian tambahkan Fade in/out. Kemudian, pastikan juga kalau PC kalian sudah memiliki aplikasi Adobe Audition.

Bila sudah, jalankan dan buka aplikasinya!

Langkah 1 – Masukkan Audio ke Adobe Audition

Bila aplikasinya sudah terbuka, masukkan audio kalian dengan cara ‘Drag’ file dari folder ke Adobe Audition.



Bila sudah masuk, maka akan muncul spektrum audio di layar kalian.

Langkah 2 – Mengatur Fade in

Untuk mengatur Fade in pada sebuah audio, kalian bisa melakukannya melalui kotak berwarna hitam dan putih yang terletak di pojok atas spektrum audio pada awal audio.

Caranya kalian bisa klik kotak tersebut, kemudian geser horizontal ke kanan sesuai kebutuhan. Maka akan terlihat garis melengkung berwarna kuning yang menunjukkan kenaikkan audio kalian.



Sebagai tambahan informasi, selain menggesernya secara horizontal , di waktu yang sama kalian bisa menggeser secara vertikal (atas-bawah). Dengan demikian kalian bisa mengatur lebih leluasa kenaikan audionya.

Langkah 3 – Mengatur Fade Out

Sebetulnya caranya sama persis dengan melakukan Fade in, hanya saja karena ini Fade out maka pengaturan yang dilakukan berada di akhir audio.

Kalian tinggal geser gambar kotak di pojok kanan atas di akhir audio secara horizontal dan vertikal seperti langkah yang dijelaskan sebelumnya.

Langkah 4 – Export File

Kalau kalian sudah puas melakukan Fade in maupun Fade out pada audio, maka tinggal export saja filenya.

Caranya pergi ke kolom File > Export > File

Kemudian beri nama sesuai keinginan dan pilih lokasi. Bila sudah klik ‘Ok’.

Kalau mau cara cepat, kalian tinggal tekan tombol Ctrl + Shift + E pada keyboard PC.

Gampang banget kan guys?

Kalau ada pertanyaan tentang tutorial di atas atau ingin dibuatkan tutorial seputar Adobe Audition, tinggal tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan belajar!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password