Tutorial Menambah Album Art pada Audio di Adobe Audition


Oke guys, mungkin kalian pernah menemukan audio yang ketika kalian play dengan music player muncul dengan gambar atau Album Art. Beberapa aplikasi memang bisa membuat Album Art, tapi kalian sebetulnya gak perlu susah-susah mengunduh aplikasi kalau kalian tengah memproduksi audio di Adobe Audition.

Karena kalian bisa dengan mudah menambah Album Art pada audio, jadi lagu yang kalian produksi bisa jadi lebih menarik deh guys!

Gimana ya caranya? Nah, biar gak bingung kalian langsung ikutin tutorialnya aja deh di bawah ini!

Tutorial Menambah Album Art pada Audio di Adobe Audition

Karena kita akan menggunakan Adobe Audition, maka sebaiknya pastikan dulu kalau aplikasi Adobe Audition di PC atau Laptop kalian sudah terpasang dengan baik. Kalau sudah, tinggal jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka!



Langkah 1 – Buka File

Perlu kalian catat, kalau file yang bisa kalian beri Album Art memiliki format .MP3, kalau tidak maka tombol browse pada menu Album Art akan menjadi abu-abu dan tak berfungsi.

Untuk memasukkan file kalian bisa langsung lakukan ‘Drag’ file audio dari folder ke aplikasi. Kemudian, munculnya spektrum audio menandakan kalau audio kalian sudah berada di project Adobe Audition.

Kalian bisa juga membukanya dari File > Open > Pilih File.

Atau bisa juga menggunakan keyboard shortcut dengan menekan Ctrl + O.



Langkah 2 – Buka Metadata

Kalau kalian tidak bisa menemukan panel yang berisikan Metadata, kalian aktifkan dulu dengan cara klik Tab Windows, kemudian beri ceklis pada opsi Metadata.

Kalian akan melihat panel tersebut di bagian sebelah kanan.

Langkah 3 – Klik Tab ID3

Untuk merubah atau menambah Album Art audio kalian, klik Tab ID3 pada panel Metadata. Maka kalian akan temukan beberapa kolom audio yang bisa kalian isi, salah satunya Album Art yang bisa diganti dan disesuaikan dengan kebutuhan.



Langkah 4 – Klik Browse

Untuk memilih file gambar yang akan kalian gunakan sebagai Album Art, klik tombol ‘Browse’ pada panel tersebut. Kemudian pilih file gambar yang kalian gunakan dan klik ‘Ok’ bila memang sudah selesai.

Kalau memang sudah tidak ada yang perlu lagi dikerjakan dengan audio tersebut, kalian bisa langsung segera Export dan secara otomatis file outputnya kini memiliki gambar ketika diputar di audio player.

Gimana guys? Ternyata gampang banget kan?

Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu buat tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password