Tutorial Membuat Workspace Sendiri pada Adobe Audition


Oke guys, tutorial Adobe Audition kali ini tidak membahas efek-efek atau trik-trik audio. Melainkan tutorial dalam penggunaan DAW Adobe Audition itu sendiri, khususnya dalam mengatur Workspace.

Setiap orang punya selera dan kenyamanan yang berbeda-beda pada saat mengoperasikan Adobe Audition. Oleh karenanya, Workspace dimodifikasi sedemikian rupa agar flow bekerja lebih nyaman.

Sayangnya kadang tampilan Workspace boleh jadi sengaja maupun tidak sengaja berubah, entah karena teman yang merubah atau tergeser saat bekerja. Biar kalian tidak perlu ribet-ribet mengatur ulang tampilan Workspace, mending simpan ‘settingan‘-nya. Jadi ketika ingin mengembalikannya ke tampilan favorit lebih mudah dan cepat.

Gimana sih caranya? Bakalan susah gak ya?



Biar tau langsung ikutin tutorialnya di bawah ini ya!

Tutorial Membuat Workspace Sendiri pada Adobe Audition

Pastikan dulu nih kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang dan dapat kalian operasikan, kalau sudah langsung jalankan dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Save As New Workspace

Ada beberapa tampilan Workspace yang sebetulnya sudah disediakan dari Adobe Auditiion, salah satu tampilan yang paling basic adalah ‘Default’. Kalian bisa memodifikasi Workspace tersebut, namun sebelumnya lakukan Save as New Workspace agar Workspace baru yang serupa tersimpan tanpa merusak/mengubah Workspace sebelumnya.



Caranya klik Window > Workspace Save As New Workspace.

Langkah 2 – Beri Nama Workspace

Selanjutnya kalian akan diminta untuk memberikan nama dari Workspace yang kalian buat. Beri nama kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 3 – Modifikasi

Kini Workspace yang baru sudah tersimpan di Adobe Audition, kalian bisa melakukan modifikasi sesuai yang kalian inginkan. Misal di sini kita akan mencoba menghapus panel yang ada di samping kanan agar tampilannya lebih luas.



Ini hanya sekedar contoh, kalian bisa melakukan perubahan lebih besar sesuai keinginan.

Langkah 4 – Save Changes to This Workspace

Nah, kalau kalian habis melakukan perubahan pada Workspace yang kalian buat, langkah selanjutnya adalah menyimpan perubahan tersebut. Caranya klik 3 garis horizontal pada judul Workspace, kemudian pilih Save Changes to This Workspace.

Gimana guys, ternyata gampang banget kan?

Kalian suka membuat Workspace kalian sendiri atau menggunakan bawaan dari Adobe Audition? Coba kasih tau di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password