Tutorial Membuat Vocal Terdengar ‘Smooth’ di Adobe Audition


Oke guys, kalau kalian suka bernyanyi dan merekamnya, kayanya trik satu ini lumayan berguna deh! Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara bagaimana membuat suara vokal yang direkam terdengar lebih ‘smooth’. Langkah-langkah yang nantinya digambarkan hanya sebagai gambaran dasar, kalian tentu masih bisa lebih berekseperimen dengan efek yang ada.

Semoga tutorial kali ini membantu buat kalian semua ya! Langsung aja deh kita lihat langkah-langkahnya di bawah ini guys!

Tutorial Membuat Vocal Terdengar ‘Smooth’ di Adobe Audition

Sebelum kita mulai kalian bisa persiapkan terlebih dahulu audio vokal yang akan kalian edit. Selanjutnya, pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang dengan baik di PC atau Laptop kalian.

Kalau sudah, kalian bisa langsung jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka!



Langkah 1 – Masukkan Audio

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka kalian bisa memasukkan audio yang akan kalian edit. Untuk caranya, tinggal lakukan ‘Drag’ pada file audio dari folder ke aplikasi. Kemudian, akan muncul gambar spektrum audio pada layar monitor kalian deh!

Kalian juga bisa membukanya melalui File > Open > Pilih File.

Atau untuk cara cepat, gunakan keyboard shortcut dengan menekan Ctrl + O.

Langkah 2 – Dynamic Processing



Pada kolom Effects Rack, kalian bisa tambahkan efek Dynamics Processing. Caranya, kalian tinggal klik Effects Rack > Amplitude and Compression > Dynamic Processing.

Kalau sudah, kalian bisa ubah bagian Presets menjadi Smooth Vocal dan klik ‘Close’ pada jendela tersebut.

Langkah 3 – Tambahkan Reverb

Nah, langkah ini sebetulnya opsional, kalian bisa menambahkannya atau tidak. Tapi disarankan untuk memilih Preset Reverb dengan gema yang tidak terlalu berlebihan, karena tujuan kita hanya membuat audio terdengar smooth dan tidak kaku.

Untuk menambahkannya, kalian bisa klik Effects Rack > Reverb > Pilih Reverb. Kalian bebas pilih jenis reverbnya, kalau di tutorial kali ini kita akan menggunakan Surround Reverb dengan Preset Drum House.



Kalau sudah kalian tinggal ‘Close’ pada jendela tersebut.

Selesai deh, suara vokal kalian tidak lagi terdengar flat dan kaku. Sekarang akan lebih ‘smooth’ dan jadi lebih menarik deh tentunya.

Gimana guys, ternyata gak susah kan? Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password