Tutorial Membuat Suara Chipmunks di Adobe Audition


Siapa sih yang gak tau karakter animasi Chipmunks, tak hanya sosoknya yang lucu dan menggemaskan tapi suaranya yang imut dan khas begitu membekas di telinga banyak orang.

Nah, mungkin kalian sudah pernah menonton beberapa video di internet yang menunjukkan kalau para tupai menggemaskan tersebut sedang menyanyikan lagu-lagu tertentu. Beberapa di antaranya mungkin video official, tapi sebagian lagi sih hasil editan alias kreasi beberapa content creator.

Kok bisa ya? Gimana cara merubah suara jadi suara Chipmunks?

Oke guys, cukup bridgingnya! Kali ini kita akan membahas tutorial membuat suara Chipmunks menggunakan Software Adobe Audition!



Oh ya, pada dasarnya langkah yang akan kita lewati hampir mirip seperti pembahasan sebelumnya tentang Tutorial Suara Berat Ala Reportase Investigasi, hanya saja langkah akhirnya agak sedikit berbeda.

Langsung aja ikutin langkah-langkahnya ya!

Tutorial Membuat Suara Chipmunk di Adobe Audition

Persiapkan dulu nih audio yang suaranya mau kita jadikan mirip dengan Chipmunks dan pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Bila sudah, langsung jalankan aja deh!

Langkah 1 – Drag File Audio ke Adobe Audition

Pilih terlebih dahulu filenya, kemudian langsung ‘Drag’ ke kolom aplikasi Adobe Audition. Maka selanjutnya akan muncul tampilan spektrum di layar kalian.



Atau juga bisa gunakan cara lain, yakni dengan klik File > Open > lalu pilih file yang kalian inginkan.

Kalau gak mau repot, Ctrl + O juga bisa.

Sebelum masuk ke langkah selanjutnya, jangan lupa untuk lakukan ‘Select All’ pada audio di Timeline dengan menekan Ctrl + A pada keyboard.

Langkah 2 – Gunakan Stretch and Pitch (process)

Kemudian, gunakan efek ‘Stretch and Pitch (process)’ dengan membuka Effect > Time and Pitch > Stretch and Pitch (process).



Langkah 3 – Gunakan Presets ‘Raise Pitch’

Di bagian kolom presets, ubah menjadi pilihan ‘Raise Pitch’. Maka secara otomatis suara kamu akan lebih naik ‘Pitch’nya. Untuk mengetahui seperti apa perubahannya kalian bisa coba ‘Play’ dengan menekan Spasi pada Keyboard, dan tekan kembali untuk ‘Pause’.

Suara setiap orang tentunya berbeda-beda, kalian bisa geser tombol ‘Pitch Shift’ ke arah kanan maupun kiri sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat ‘Pitch‘-nya menjadi lebih tinggi, kalian bisa menggeser ‘Pitch Shift’ ke arah kanan ya!

Langkah 4 – Apply

Kalau sudah mendapatkan pengaturan yang cocok, kalian tinggal klik tombol ‘Apply’ di bagian bawah kotak.

Jadi deh suara Chipmunks, semudah itu guys!

Tiap orang tentunya punya jurusnya masing-masing dalam mengedit. Kalau kalian punya cara yang lebih mudah atau punya pertanyaan seputar Adobe Audition, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password