Tutorial Membuat Suara 80’s Laser Toy Gun di Adobe Audition


Oke guys, kalau kalian ingin nostalgia dengan senjata mainan jadul yang ketika dipencet memiliki bunyi seolah-olah mengeluarkan laser, kalian bisa buat suaranya nih dengan bantuan Adobe Audition. Untuk menghasilkan audio tersebut kita akan memanfaatkan fitur Generate Tone.

Suara ini juga bisa kalian gunakan di film untuk mendukung ambience ala-ala laboratorium guys! Gimana ya cara buatnya? Dan bagaimana suara yang dihasilkan? Langsung aja kalian ikutin tutorialnya di bawah ini!

Tutorial Buat Suara 80’s Laser Gun Toy di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkahnya, sebaiknya kalian pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop dengan baik. Kalau sudah, kalian tinggal jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack



Pertama-tama, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.

Langkah 2 – Generate Tone

Untuk membuat suara seperti 80’s Laser Toy Gun kalian bisa menggunakan fitur Generate Tone yang ada di aplikasi Adobe Audition. Untuk membukanya kalian perlu pergi ke kolom Effects > Generate > Tone.

Setelah itu, kalian akan temui box yang meminta kalian memberikan nama untuk sampel Tone tersebut. Kalian beri nama sesuai keinginan, kemudian tinggal klik ‘Ok’.



Langkah 3 – Ubah Pengaturan

Untuk menghasilkan sampel suara yang diinginkan, kalian ikuti beberapa settingan seperti gambar di atas, atau lebih detailnya di bawah ini:

  1. Gunakan Presets Default
  2. Base Frequency 522 Hz
  3. Modulation Depth 629 Hz
  4. Modulation Rate 10 Hz
  5. Waveform Shape [Triangle/Sawtooth]

Sekarang kalian bisa coba dengarkan bagaimana hasilnya dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’. Kalau sudah puas dengan hasilnya, kalian bebas atur berapa lama durasi yang kalian inginkan, lalu tinggal klik ‘Ok’.

Selesai deh, gimana guys ternyata gampang banget kan? Kira-kira mau dipakai untuk apa nih sound effect tersebut?

Oh iya, kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya guys!



Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password