Tutorial Membuat Seamless Audio Loop di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini sederhana banget nih! Yakni membuat loop pada audio. Loop di sini diartikan sebagai sebuah audio yang akan diputar berulang-ulang hingga durasi yang kalian inginkan nantinya. Oh ya, audio yang akan kalian ‘loop’ nantinya akan terdengar ‘seamless’, sehingga sambungan antar audio tidak ketara.

Kalian bisa memanfaatkan teknik ini untuk menyambung sampel audio yang terlalu pendek dengan menyambung audio yang sama. Misal, kalian punya sampel suara hujan yang berdurasi 10 detik, sedangkan kalian butuh memenuhi durasi 30 detik. Maka, kalian hanya perlu ‘loop’ sample kalian.

Bagaimana caranya? Langsung ikuti tutorial di bawah ini!

Tutorial Membuat Seamless Audio Loop di Adobe Audition

Pastikan dulu aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian dan persiapkan juga sample audio yang akan digunakan.



Selanjutnya tinggal jalankan Adobe Audition dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack

Setelah Adobe Audition terbuka, buatlah Multitrack dengan cara klik File > New > Multitrack Session.

Beri nama untuk project yang kalian buat, bila sudah klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Drag Sampel



Setelah Multitrack terbuka di layar kalian, masukkan file dengan cara ‘Drag’ dari folder ke salah satu Track di aplikasi Adobe Audition.

Langkah 3 – Tekan Alt dan Geser Sample

Kemudian, kalian tekan Alt pada keyboard sembari menggeser sampel yang ada pada Track. Maka sampel akan terduplikat secara otomatis.

Selanjutnya, letakkan sampel yang baru di samping sampel sebelumnya.



Langkah 4 – Geser Sedikit Sample ke-2

Klik dan geser sedikit sampel ke-2 ke arah sampel pertama, hingga muncul garis kuning yang bersinggungan. Cara ini digunakan untuk membuat transisi antar sampel terasa ‘seamless’ atau tidak ada sambungan (tidak patah).

Langkah 5 – Ulangi Langkah

Selanjutnya, yang perlu kalian lakukan adalah mengulangi langkah 3 dan 4 hingga mendapatkan durasi yang kalian inginkan.

Bila sudah, ‘Save’ dan ‘Export’ audio yang sudah kalian susun tersebut!

Sebetulnya cara ini tidak susah, hanya perlu ketelitian dan kesabaran. Kalau kalian punya pertanyaan dari tutorial di atas, silahkan tanyakan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password