Tutorial Membuat Relaxing Audio Sendiri di Adobe Audition


Oke guys, memainkan Relaxing Audio ketika mau tidur memang cukup membantu untuk membuat diri kalian merasa tenang dan santai. Ada begitu banyak contoh sampel relaxing audio, seperti suara hujan, aliran air, suara jangkrik, atau alunan instrumen yang menenangkan.

Kebanyakan dari Relaxing Audio berdurasi panjang, sekitar 60 menit-an. Sampel audio biasanya akan di-loop hingga waktu tertentu.

Kalian juga bisa kok membuat Relaxing Audio sesuai dengan kreasi dan keinginan dengan bantuan aplikasi Adobe Audition. Dan caranya gampang banget guys!

Langsung ikutin tutorial di bawah ini ya!



Tutorial Membuat Relaxing Audio Sendiri di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut ke tutorial, ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan, yang pertama beberapa contoh sampel audio seperti suara hujan dan suara jangkrik. Kemudian pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian.

Kalau sudah, jalankan aplikasi dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Membuat Multitrack Session

 

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka, buat ‘Multitrack Session’ dengan cara klik File > New > Multitrack Session.

Beri nama project yang akan kalian buat, kemudian klik ‘Ok’.



Langkah 2 – Masukkan Sampel-Sampel

Kalian bisa langsung melakukan ‘Drag’ masing-masing sampel ke Track yang berbeda. Misal Sampel 1 (suara hujan) masuk ke Track 1 dan Sampel 2 (Suara Jangkrik) masuk ke Track 2.

Langkah 3 – Atur Volume

Kalian atur volume output dari masing-masing Track hingga masing-masing mendapatkan porsi yang ‘pas’.

Coba dengarkan (Play) dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.



Langkah 4 – Lakukan Loop pada Sampel

Untuk mencapai durasi yang kalian inginkan, maka perlu dilakukan ‘Looping’ atau mengulang-ulang terus menerus sampel yang kalian gunakan. Untuk lebih detail bagaimana melakukan looping yang halus dan tidak patah, kalian bisa lihat tutorialnya di link berikut!

Langkah 5 – Simpan dan Export

Bila kalian merasa cukup, jangan lupa simpan project yang tengah kalian kerjakan dan export project agar bisa dimainkan di berbagai device.

Sebetulnya tidak ada batasan perihal pemilihan sampel, durasi, hingga berapa jumlah suara yang boleh digabungkan. Tutorial di atas hanya sekedar gambaran sederhana buat kalian yang ingin membuat Relaxing Audio sendiri.

Gimana? Ternyata tidak sulit kan guys?

Kalau kalian ada masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password