Tutorial Membuat Efek Walkie Talkie di Adobe Audition


Oke guys, tau alat yang bernama Walkie Talkie?

Walkie Talkie sendiri merupakan alat komunikasi genggam yang biasa digunakan untuk komunikasi 2 orang atau lebih dengan gelombang radio. Kalau kalian pernah menggunakan alat tersebut pasti ingat bagaimana khasnya suara yang keluar dari alat tersebut.

Oke guys, tutorial kali ini bakalan simpel dan mudah banget, yakni membuat suara audio yang kalian miliki terdengar seperti berasal dari Walkie Talkie. Tentunya dalam mengedit audio nantinya, kita akan menggunakan bantuan aplikasi Adobe Audition.

Seperti apa caranya? Langsung ikutin saja tutorialnya di bawah ini!



Tutorial Membuat Efek Walkie Talkie di Adobe Audition

Yang perlu kalian persiapkan adalah file audio yang akan kalian gunakan, kemudian pastikan aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian.

Kalau sudah, jalankan aplikasi dan tunggu hingga Adobe Audition terbuka!

Langkah 1 – Masukkan File

Setelah aplikasi terbuka di layar monitor, selanjutnya kalian masukkan audio yang akan kalian edit ke Adobe Audition. Caranya kalian bisa langsung ‘Drag’ file audio dari folder penyimpanan langsung ke aplikasi Adobe Audition. Audio yang masuk terlihat dari munculnya gambar spektrum audio di layar kalian.

Kalian bisa juga melakukannya dengan cara lain, yakni pergi ke File > Open > Pilih Filenya.



Untuk cara cepat gunakan keyboard shortcut dengan menekan tombol Ctrl + O.

Kalian bebas menggunakan cara yang manapun.

Langkah 2 – Pilih Multiband Compressor

Selanjutnya gunakan opsi efek Multiband Compressor, kalian bisa temukan efek tersebut di kolom Effects > Amplitude and Compression > Multiband Compressor.

Maka selanjutnya akan muncul jendela efeknya.



Langkah 3 – Ubah Presets ke Walkie Talkie

Pada jendela efek Multiband Compressor kalian bisa temukan beragam presets bawaan Adobe Audition. Untuk membuat audio kalian terdengar seperti Walkie Talkie ubah kolom presets menjadi ‘Walkie Talkie’.

Langkah 4 – Custom

Kalian bisa terlebih dulu mendengarkan output yang dihasilkan dengan menekan tombol ‘space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘pause’.

Kalau kalian belum mendapatkan hasil yang diinginkan, coba untuk lakukan perubahan pada kolom Low, Mid maupun High.

Langkah 5 – Apply

Setelah mendapatkan hasil yang kalian inginkan, langkah selanjutnya adalah menekan tombol ‘Apply’ pada jendela Multiband Compressor. Dengan begitu pengaturan efek yang kalian buat akan teraplikasi.

Gimana ternyata gampang kan guys?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial yang ada di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, silahkan tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password