Tutorial Membuat Efek Audio Rewind di Adobe Audition


Oke guys, kita akan membahas tutorial sederhana kali ini, yakni membuat efek rewind. Biasanya efek atau trik semacam ini digunakan untuk transisi audio atau video. Klip akan seperti kaset yang memutar mundur ke belakang dengan begitu cepat.

Kalian bisa kok buat efek tersebut di Adobe Audition. Dan pastinya, caranya mudah, simpel dan anti ribet. Seperti apa caranya?

Langsung ikutin tutorialnya di bawah ini!

Tutorial Membuat Efek Audio Rewind di Adobe Audition

Pertama-tama siapkan audio file yang akan kalian gunakan, kemudian pastikan aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian.



Kalau sudah, jalankan aplikasi dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar monitor kalian, buatlah Multitrack. Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session.

Berilah nama pada project yang akan kalian kerjakan, kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Masukkan Audio



Kalau Multitrack sudah terbuka, masukkan sampel audio yang akan kalian jadikan efek rewind. Kalian hanya perlu lakukan ‘Drag’ file audio dari folder ke salah satu Track. Bila sudah masuk, maka akan muncul gambar spektrum audio pada layar monitor.

Langkah 3 – Reverse Klip

Untuk membuat klip audio terdengar mundur, lakukan reverse pada audio. Caranya klik 2 kali pada klip (masuk ke Waveform) > Effects > Reverse.

Bila sudah, kembali lagi ke projek Multitrack dengan menekan tombol Multitrack di sisi kiri atas layar.

Langkah 3 – Strecth Clip



Percepat tempo audio dengan cara lakukan Strect terhadap klip yang sudah kalian reverse. Caranya, aktifkan Toggle Global Clip Stretching, kemudian arahkan pointer ke segitiga putih pada ujung klip audio.

Klik segitiga tersebut, kemudian geser ke arah kiri.

Langkah 4 – Mastering

Untuk membuat terdengar sedikit menggema, kita bisa lakukan mastering dan gunakan preset Warm Concert Hall. Langkah ini sebetulnya opsional, kalau kalian sudah cukup puas dengan hasilnya, langkah ini bisa kalian skip.

Selesai deh, ternyata gampang banget kan!

Kalau kalian punya pertanyaan seputar tutorial Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password