Tutorial Membuat Audio Terdengar Tebal di Adobe Audition


Oke guys, kalian yang suka berkecimpung dalam mengedit audio, rasanya tidak asing ketika kalian mendapatkan atau dihadapi dengan audio vokal yang kurang tebal. Sehingga output audio yang terdengar terasa kurang mantap.

Kalau kalian sedang mengalami hal serupa, kalian bisa siasatkan masalah tersebut dengan salah satu preset di Adobe Audition. Yang jelas gampang dan anti ribet deh!

Gimana caranya? Langsung ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!

Tutorial Membuat Audio Terdengar Tebal di Adobe Audition

Pertama-tama kalian persiapkan terlebih dahulu audio yang akan kalian edit dan pastikan juga ya guys, kalau aplikasi Adobe Audition di PC atau Laptop kalian sudah terpasang dengan baik.



Kalau sudah, kalian tinggal jalankan dan tunggu aplikasinya terbuka!

Langkah 1 – Masukkan File

Setelah aplikasi terbuka di layar monitor, maka kalian bisa langsung memasukkan file audio yang kalian edit ke Adobe Audition. Caranya, kalian bisa langsung lakukan ‘Drag’ pada file dari folder penyimpanan ke Adobe Audition. Kalau sudah, maka akan muncul gambar spektrum audio pada layar monitor.

Kalian juga bisa membuka file tersebut melalui File > Open > Pilih File.

Untuk mempersingkat waktu kalian juga bisa gunakan Shortcut Keyboard dengan menekan tombol Ctrl + O.



Langkah 2 – Gunakan Chorus/Flanger

Selanjutnya, kalian bisa tambahkan efek Chorus/Flanger pada klip audio yang sudah ada. Caranya kalian pergi ke tombol Effects > Modulation > Chorus/Flanger. Maka selanjutnya akan muncul jendela Chorus/Flanger di layar monitor kalian.

Langkah 3 – Ubah Preset Vocal Thickening

Pada kolom Presets di jendela Chorus/Flanger, kalian ubah menjadi Vocal Thickening. Selanjutnya kalian coba dengarkan hasil audionya dengan menekan ‘Space’ pada keyboard kalian dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Kalau kalian kurang puas dengan hasilnya, cobalah untuk mengeksplor bagian setting pada preset Vocal Thickening sampai mendapatkan hasil yang sesuai.



Langkah 4 – Apply

Kalau kalian sudah merasa cukup dengan pengaturan yang ada, kalian hanya perlu menekan tombol ‘Apply’ pada jendela Chorus/Flanger. Sehingga efek yang sudah kalian atur sedemikian rupa akan teraplikasikan pada audio klip.

Gimana guys, ternyata gak susah kan untuk melakukannya?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi ya guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password