Tutorial Membuat Alarm Tanda Bahaya di Adobe Audition


Oke guys, kalau di film-film, ketika sebuah gedung atau laboratorium sedang dalam bahaya, biasanya akan muncul suara alarm tanda bahaya. Bunyinya begitu bising, panjang dan berulang-ulang.

Kalau kalian membutuhkan sampel suara tersebut, kalian bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bantuan DAW Adobe Audition. Meskipun sebetulnya kalian bisa temukan banyak di internet, tapi kalau bisa buat yang original, kenapa nggak?

Langkah-langkah apa yang harus kita lakukan? Biar gak bingung langsung ikutin aja beberapa penjelasan di bawah ini!

Tutorial Membuat Alarm Tanda Bahaya di Adobe Audition

Sebelum kita mulai masuk ke penjelasan langkah-langkah, kalian bisa pastikan dulu nih kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang dengan baik di PC atau Laptop kalian. Kalau sudah, selanjutnya kalian bisa langsung jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!



Langkah 1 – Buat Multitrack Session

Setelah aplikasi terbuka di layar monitor, selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat Multitrack Session. Untuk melakukannya, kalian bisa klik kolom File > New > Multitrack Session.

Selanjutnya kalian akan diminta untuk memberikan nama project tersebut. Beri nama, kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Generate Tone

Kemudian, setelah Project sudah berhasil kalian buat, gunakan salah satu fitur Adobe Audition yakni Generate Tone untuk menghasilkan sampel audio yang dimaksud. Caranya, kalian pergi ke kolom Effects > Generate > Tone.



Berilah nama sampel yang akan kalian buat, kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 3 – Gunakan dan Modifikasi Preset 1 Second Pulse

 

Setelah jendela Generate Tone terbuka di layar monitor kalian, selanjutnya gunakan salah satu Preset yang bernama “1 Second Pulse”. Setelah sudah, lakukan perubahan pada setting preset tersebut, sehingga menjadi setingan berikut ini:

  1. Base Frequency 12448,36
  2. Modulation Depth 5696,7
  3. Modulation Rate 3164,84

Sekarang kalian ‘Play’ untuk mendengar bagaimana hasil outputnya dengan menekan tombol ‘Space’ pada Keyboard dan menekannya kembali untuk Pause.

Selanjutnya, kalian klik ‘Ok’ pada jendela tersebut, sehingga sampel audio akan masuk ke dalam salah satu Track.



Langkah 4 – Potong dan Susun Sampel

Setelah kalian berhasil membuat sampel audionya, kalian bisa memotong sampel tersebut membentuk seperti pola pada gambar. Gunakan pola 1 detik Audio dan 0,5 detik jeda secara berulang-ulang hingga durasi yang kalian perlukan.

Selesai deh! Ternyata gampang banget kan guys?

Semisal kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, langsung kalian tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password