Tutorial Melakukan Rename Default Marker di Adobe Audition


Oke guys, fitur Marker dalam Adobe Audition berguna banget sebagai penanda pada bagian tertentu dalam sebuah klip audio. Jadi nantinya, kalian gak perlu lagi bolak-balik atau memutar berulang-ulang untuk menemukan salah satu bagian klip audio yang dimaksud.

Tentunya sudah banyak yang tau, cara menambahkan Marker atau garis penanda di Adobe Audition. Kalian hanya perlu menekan huruf “M” pada keyboard, maka akan muncul garis putus-putus yang menjadi penanda. Ketika kalian menggunakan Marker beberapa kali, biasanya akan secara otomatis muncul Marker 01, Marker 02, Marker 03 dan seterusnya.

Kalian bisa kok rubah judul Marker default tersebut, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Bagaimana sih cara merubahnya? Susah gak ya?

Biar gak bingung, langsung aja deh ikutin langkah-langkah tutorialnya di bawah ini!



Tutorial Melakukan Rename Default Marker di Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah, kalian bisa pastikan dulu aplikasi Adobe Audition sudah terpasang dengan baik di PC atau Laptop kalian. Kalau sudah, kalian bisa tinggal jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Pergi ke Markers & Metadata

Pertama-tama, kalian bisa pergi ke pengaturan Markers & Metadata. Dalam pengaturan tersebut kalian bisa mengatur banyak hal seputar Marker, termasuk mengubah Default Name-nya.

Untuk membukanya, kalian perlu buka kolom Edit > Preferences > Markers & Metadata. Selanjutnya akan muncul jendela Preferences di layar monitor kalian.

Langkah 2 – Ubah Default Name



Pada pengaturan Preferences Markers & Metadata, kalian perlu menemukan opsi ‘Default Name For New Cue Markers’. Lokasi opsi tersebut ada di deretan ke- 2 dari bawah. Setelah kalian menemukannya, ubah tulisan Marker dengan judul yang kalian inginkan.

Semisal kalian menggantinya dengan judul “Audio”, nantinya setelah menekan “M” akan muncul Audio 1, Audio 2, Audio 3 dan seterusnya.

Langkah 3 – Klik Ok

Ini jangan sampai ketinggalan nih guys! Setelah kalian selesai memberikan perubahan dalam pengaturan, selanjutnya kalian klik ‘Ok’. Dengan begitu perubahan yang kamu lakukan tersimpan dan teraplikasikan.



Gimana guys? Ternyata gampang banget kan!

Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password