Tutorial Melakukan Mastering Klip Audio di Adobe Audition


Oke guys, ketika kalian menggunakan aplikasi Adobe Audition, ada beraneka ragam efek yang bisa ditemukan. Salah satunya, kalian bisa menggunakan fitur Mastering untuk kebutuhan pengeditan audio kalian.

Sebetulnya, tidak melulu pengaturan yang pasti dalam Mastering, semua bisa kalian lakukan berdasarkan eksplorasi dan menyesuaikan kebutuhan output audio yang diinginkan. Jadi pada tutorial kali ini, hanya sekadar dasar penggunaan fitur Mastering. Sisanya, kalian bisa olah dan bereksperimen sendiri ya guys!

Langsung aja deh, ikutin langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Tutorial Melakukan Mastering Klip Audio di Adobe Audition



Sebelum kita mulai, persiapkan dulu audio yang akan kalian gunakan dan pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian. Kalau sudah, kalian tinggal jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Masukkan Audio

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar monitor, selanjutnya tinggal masukkan audio yang akan kalian edit. Kalian bisa langsung lakukan ‘Drag’ file audio dari folder ke aplikasi Adobe Audition. Setelah audio masuk, maka akan muncul gambar spektrum audio di layar.

Kalian juga bisa membukanya dengan cara klik File > Open > Pilih File.

Atau kalian bisa memanfaatkan Keyboard Shortcut dengan menekan Ctrl + O.



Langkah 2 – Mastering

Untuk menggunakan fitur Mastering, kalian bisa membukanya pada kolom Effects > Special > Mastering. Selanjutnya akan muncul jendela mastering dengan pengaturan yang beragam.

Dengan beragam Presets yang ada, tentunya menghasilkan Output yang berbeda-beda, semuanya bisa kalian atur sesuai kebutuhan dan keinginan.

Langkah 3 – Setting

 



Ada beragam macam, yang bisa kalian lakukan. Paling mudah, kalian bisa memanfaatkan beragam Presets yang sudah tersemat dalam fitur tersebut. Misal, kita di sini gunakan Preset “Warm Concert Hall”.

Nah, sampai sini kalian tidak perlu yang namanya berpatok hanya dari settingan Preset. Kalian bebas atur beberapa opsi di bagian tersebut agar hasilnya lebih maksimal.

Langkah 4 – Klik Apply

Semisal kalian sudah suka atau cocok dengan output yang dihasilkan, kalian hanya perlu tinggal klik ‘Apply’. Dengan begitu, segala pengaturan yang sudah kalian lakukan akan teraplikasikan pada audio tersebut.

Kira-kira seperti itu gambaran untuk menggunakan fitur Mastering pada Adobe Audition. Kalau semisal kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password