Tutorial Insert Silence pada Klip Audio di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini bisa dibilang merupakan kebalikan dari tutorial sebelumnya yang membahas menghilangkan ‘Silence’ pada sebuah audio klip. Kalau ini malah menambahkan part kosong atau ‘Silence’ ke dalam klip.

Sebetulnya kalian bisa melakukannya di Multitrack dengan memotong klip dan memberinya jarak, tapi cara tersebut terbilang ribet karena harus membuat project Multitrack terlebih dahulu. Kalau cara ini, kita bisa langsung melakukannya di Waveform editor.

Bagaimana sih caranya? Susah atau nggak ya? Langsung ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!

Tutorial Insert Silence pada Klip Audio di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkah, kalian bisa persiapkan terlebih dahulu audio yang akan kalian edit untuk menambah ‘Silence’. Kemudian, pastikan juga nih kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian.



Kalau sudah, kalian tinggal jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Masukkan Audio

Setelah aplikasi terbuka, kalian masukkan audio yang akan kalian edit ke Adobe Audition. Caranya kalian tinggal ‘Drag’ audio file dari folder ke aplikasi. Kalau sudah masuk, maka akan muncul gambar spektrum audio di layar monitor.

Kalian bisa juga membukanya dari File > Open > Pilih File.

Untuk cara cepat, gunakan shortcut keyboard dengan menekan Ctrl + O .



Langkah 2 – Arahkan Garis Merah

Arahkan garis timeline ke bagian klip audio yang akan kalian masukkan ‘Silence’. Posisi garis merah tersebutlah yang menentukan lokasi silence disematkan.

Langkah 3 – Insert Silence

Setelah sudah menentukan lokasi untuk menambahkan Silence, selanjutnya kalian pergi ke kolom Edit > Insert > Silence. Maka selanjutnya akan muncul jendela Silence pada Adobe Audition.

Langkah 4 – Atur Durasi



Setelah kalian lakukan Insert Silence, akan muncul kotak yang berisikan angka. Itu merupakan durasi dari Silence itu sendiri, nah kalian tentukan berapa durasi yang diinginkan. Kalau sudah tinggal klik ‘Ok’.

Gimana guys? Ternyata gampang banget kan guys?

Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragy untuk tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password