Tutorial Efek Vokal Autotune Ala Rapper dengan Adobe Audition


Kalau kalian suka mendengarkan beberapa sajian musik Rap kekinian, kalian kayanya gak asing dengan istilah ‘Autotune’. Yup, gak sedikit musisi yang menggunakan efek ‘Autotune’ agar musik yang dihasilkan bisa jadi lebih menarik.

Di Adobe Audition sendiri kalian juga bisa coba bikin efek semacam itu lho guys! Dan yang jelas caranya gampang dan anti ribet.

Bagaimana caranya? Langsung aja nih ikutin tutorialnya!

Sebelumnya, perlu diingat bahwa suara yang dihasilkan di audio bisa saja berbeda dan tutorial di bawah hanya gambaran langkah dasar untuk mendapatkan efek ‘Autotune’ yang dimaksud. Sisanya kalian bisa otak-atik sendiri ya!



Tutorial Efek Vokal Autotune Ala Rapper dengan Adobe Audition

Siapkan audionya terlebih dahulu dan pastikan Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Kalau sudah, langsung buka aja deh Adobe Auditionnya.

Langkah 1 – Drag File Audio ke Adobe Audition

Pilih terlebih dahulu filenya, kemudian langsung ‘Drag’ ke kolom aplikasi Adobe Audition. Maka selanjutnya akan muncul tampilan spektrum di layar kalian.

Atau juga bisa gunakan cara lain, yakni dengan klik File > Open > lalu pilih file yang kalian inginkan.

Kalau gak mau repot, Ctrl + O juga bisa.



Langkah 2 – Gunakan Automatic Pitch Correction

Untuk mendapatkan audio dengan efek ‘Autotune’ yang khas kalian bisa menggunakan ‘Automatic Pitch Correction’. Caranya kalian seleksi bagian audionya terlebih dahulu, kalau semua bagian maka kalian hanya perlu melakukan ‘Select All’ dengan menekan tombol Ctrl + A.

Setelah terseleksi, kalian pergi ke Effect > Time and Pitch > Automatic Pitch Correction.

Langkah 3 – Ubah Presets ke C Major

Sebetulnya tidak ada aturan khusus untuk menentukan presets mana yang harus digunakan, namun pada kesempatan kali ini kita pilih ‘C Major’.



Langkah 4 – Naikkan Attack dan Sensitivity

Setelah presetsnya terpilih, naikkan bagian ‘Attack’ dan ‘Sensitivity’ dengan cara menggeser tombol keduanya ke arah kanan sesuai kebutuhan kalian.

Bila sudah, maka akan secara otomatis audio kalian seolah menggunakan efek ‘Autotune’. Untuk mencoba mendengarkannya, tinggal ‘Play’ saja dengan menekan tombol Spasi di Keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Langkah 4 – Klik Apply

Bila sudah mendapatkan pengaturan yang sesuai dengan harapan, kalian langsung klik tombol ‘Apply’.

Yes, kalian sudah mendapatkan efek ‘Autotune’-nya deh!

Gimana, gampang banget kan guys? Jangan takut untuk mencoba-coba berkreasi dengan pengaturan kalian sendiri, biar makin jago.

Oh ya, kalau ada pertanyaan seputar tutorial di atas atau punya pertanyaan berkenaan dengan Adobe Audition, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan belajar!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password