Tutorial Cara Membuat Typography Menggunakan Adobe Photoshop


OKEGUYS – Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Typography menggunakan Adobe Photoshop, apa itu Typography?

Typography atau Tipografi adalah sebuah bentuk visual yang berada pada tata letak, pewarnaan, serta penyusunan huruf yang menjadi nilai kenyamanan estetika bagi yang melihatnya.

Pada Tutorial ini saya akan memberikan cara seni tipografi yang cukup sederhana, sehingga membuatnya pun tidak terlalu sulit, namun hasilnya pun tetap bagus, berikut tutorialnya.

Cara Membuat Typography

Sebelum kita masuh kepembahasan, ada baiknya menyiapkan aplikasinya terlebih dahulu, yaitu Adobe Photoshop versi berapa pun.



Pada pembahasan tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop 2020, kalian dapat mendownloadnya pada situs yang satu ini https://www.yasir252.com/, jika sudah marih kita lanjutkan.

Langkah 1 – Membuat Layout/Kanvas Baru

piksel typography

Pertama – tama buka aplikasi Adobe Photoshop kalian, Lalu tekan tombol Ctrl+N pada keyboard kalian, nanti akan muncul menu kanvas baru.

Lalu kalian ubah dimensinya menjadi 1080 x 1500 Piksel, dan resolusi 700 Piksel/Inch, agar kualitas pada gambar tidak terlalu jelek.

Langkah 2 – Buat Teks atau Tulisan

tutorial adobe photoshop membuat typography



Buatlah Teks atau satu Huruf saja, caranya dengan menekan tombol T lalu kalian klik pada Layout yang sudah dibuat tadi.

Ubahlah font sesuka kalian, lalu ketikan teks pada layout tersebut, jika sudah centang ceklis pada tombol yang ada diatas layar photoshop, lalu tinggal kalian sesuaikan ukuran teks tersebut pada layout, caranya dengan menekan tombol V kemudian Ctrl+T, fungsinya untuk mengedit ukuran teks tersebut.

Langkah 3 – Masukan Gambar Daun

Jika sudah Masukan gambar daun kedalam layot jadikan satu dengan teks tadi, lalu sesuaikan, jika sudah selesai kemudian duplikat gambar tersebut menjadi dua layout, dengan cara tekan tombol Ctrl+J seperti berikut.

typography

Langkah 4 – Proses Transparasi

1. Pindahkan layout gambar daun yang satunya, tempatkan pada posisi dibawah layout teks, seperti gambar berikut.



duplikat

2. Lalu pada layout gambar daun yang paling atas kalian selection Clipping Mask, fungsinya agar gambar menjadi tempat paling bawah dari taks tersebut.

tutorial membuat typography

3. Turunkan Opacity pada layout gambar daun yang sudah kalian pindahkan kebawah teks tadi, turunkan Opacity tersebut hingga angka nol contohnya seperti ini.

cara membuat typography

Langkah 5 – Warnai Layout Gambar

Cara membuat typography

Opacity yang sudah diturunkan tadi akan berubah warna menjadi putih polos, jika kalian ingin mewarnainya, ubahlah warna tersebut, dengan menggunakan Gardient Tool.

Caranya klik tahan dan tarik pada gambar tersebut contohnya akan seperti ini, warnai hingga merata.

Selesai Typography yang kalian buat sudah jadi deh, mudah dan tidak terlalau sulit.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password