Tutorial Cara Bikin Template Instagram Story di Photoshop


OKEGUYS – Hallo Guys, pada artikel kali ini OKEGUYS pengen ngebahas, cara bikin template Instagram Story dengan Adobe Photoshop.

Seperti yang sudah diketahui Instagram Story adalah fitur untuk membagikan media/cerita namun sifatnya hanya sementara.

Tools ini semakin powerful jika dikombinasikan dengan promo yang sifatnya daily deal. Namun bagaimana cara membuatnya? Mau tau? yaudah kamu simak ya artikel berikut ini.

Etss, sebelum masuk ke tutorial ada baiknya kamu ketahui dulu tiga poin yang ada dalam membuat template ini. Tapi kalo kamu udah tahu sii yaudah langsung aja lanjut.



1. Ukuran Gambar (resolusi)

Untuk ukuran gambar atau resolusi yang cocok digunakan pada instagram story adalah 1080 x 1920. Jangan resolusi yang lain nanti kalo salah malah jadinya gabener deh. 1080 pixel untuk lebarnya, sementara untuk tingginya adalah 1920 pixel.

2.Aspect Ratio

Sementara itu, dari sebagian referensi bisa digunakan dengan menggunakan aspect ratio dengan nilai perbandingan 9:16. Artinya jika lebar 9, maka tingginya adalah 180cm, benar ga? salah ya itu mah tinggi badan orang hehehe. yang benar adalah 16.

3. Lebar Minimum

Adapun lebar minimum, bukan lebar badan ya, lebar minimum yang dapat digunakan untuk insta story adalah 720 pixel. Jadi jika lebarnya 720 pixel maka tinggi minimumnya adalah 1280 pixel. Hal ini mengacu kepada aspek rasio 9:16 tadi, bukan tinggi tubuh manusia yang tadi ya Guys hehehe.

Nah setelah sudah mengetahui 3 point penting di atas maka kita sudah selesai sampai disini ya Guys.

Eh, eh ngga bercanda kok, setelah dengan 3 poin di atas maka kita lanjut ke sesi cara pembuatannya, yuk langsung saja simak.



Cara Membuat Template Instagram Story di Photoshop

Sebelum masuk sesi pembuatan ada baiknya kamu, menyeduh kopi terlebih dahulu agar lebih santai saat mengikuti tutorial ini, jika sudah yok dilanjut.

Berikut tutorial cara membuat templat Instagram Story:

1. Buka Aplikasi Photoshop kamu, Kemudian Seruput kopi yang tadi kamu buat hehehe, dokumen baru dengan cara tekan tombol CTRL+N, nanti akan muncul tamplian seperti dibawah ini.

2. Jika sudah berada di menu new dokumen, buatlah resolusi baru dengan nilai width 1080px dan height 1920px. Pastikan satuannya adalah pixel. seperti gambar berikut, ohh iya setelah itu langsung klik “OK” ya.

cara membuat layot instagram story



3. Setelah berhasil membuatnya, masukan gambar yang ingin kamu jadikan teman, ehh, jadikan story IG. Lalu sesuaikan dengan yang kamu butuhkan, kalo aku sii butuh uang hehehe.

4. Lanjut, jika gambar sudah sesuai maka tinggal kamu hapus aja deh, buat dari ulang, hehehe canda lagi ya Guys. setelah selesai menyesuaikan maka tinggal kamu save saja ya, dengan cara Klik tombol ALT+Shift+CTRL+S, itu adalah sourcut Save for Web.

5. Pastikan ukuran filenya, yang ditandai dengan kotak kotak itu ada dikisaran 90K – 120k. Idealnya 100K pas. Caranya adalah dengan memilih tingkat Qualitas JPG (lihat screenshot dibagian kanan atas). Semakin bagus kualitasnya semakin besar filenya. Jadi silakan disesuaikan. Setelah di sesuaikan kemudian save.

Cara membuat Template Instagram Story

SC: OKEGUYS.COM Gambar: Ilhami Fajri

Nah, itulah cara menambah tinggi badan, ehh kok tinggi badan, itulah cara membuat template Instagram Story, mudah bukan, bukan mudah hehehe.

Yabegitu lah tutorialnya, selamat mencoba dan semoga menghibur dan bermanfaat untuk semua. Ohh iya jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial lainnya hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password