Tutorial Buat Suara Spaceship Taking Off di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini berguna buat kalian yang ingin membuat suara seperti piring terbang yang hendak melayang. Kalau kalian pernah menonton bertemakan pesawat luar angkasa pasti tau deh!

Kalian bisa membuat sound effect tersebut dengan bantuan aplikasi Adobe Audition. Dan caranya beneran simpel, gak ribet, tapi bermanfaat banget. Ada yang pernah membuatnya? Kalau belum, yuk kita lihat langkah-langkahnya di bawah ini!

Tutorial Buat Suara Spaceship Taking Off di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut ke langkah tutorialnya, sebaiknya kalian pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang dengan baik di PC atau Laptop kalian. Kalau sudah, kalian tinggal jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka.

Langkah 1 – Buka/Buat Project

Kalau kalian sudah mempersiapkan project yang sebelumnya dibuat, kalian bisa membuka project tersebut, tinggal klik File > Open > Pilih file .sesx.



Kalau belum, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.

Langkah 2 – Generate Tone

Untuk membuat efek suara Spaceship Taking Off kalian bisa memanfaatkan fitur Generate Tone yang ada di Adobe Audition. Untuk menggunakannya, kalian bisa membukanya di kolom Effect > Generate > Tone.

Kemudian akan muncul jendela Tone di layar monitor kalian.



Langkah 3 – Gunakan Preset Note Deep

Pada kolom presets di jendela Tone yang terbuka, kalian bisa menemukan banyak sekali pilihan Preset. Untuk mendapatkan sound effect yang kita maksud, kalian bisa ubah menjadi kolom Presets tersebut menggunakan opsi Note Deep.

Selanjutnya atur durasinya menjadi 15 detik saja.

Langkah 4 – Pitch Shifter

Tambahkan efek Pitch Shifter pada kolom Effects Rack, dengan cara klik Effects Rack > Time and Pitch > Pitch Shifter. Kemudian naikkan semi-tones menjadi 5 dan klik ‘Close’.



Selesai deh, kalian bisa dengarkan audio kalian dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial yang ada di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, silahkan tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password