Tutorial Buat Audio Terasa Stereo dan Luas di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini berguna banget buat kalian yang sedang melakukan produksi lagu. Kadang sample audio yang kita miliki terasa begitu flat dan kurang menarik, nah kalian bisa mengkreasikan dengan beragam efek dan pengaturan. Salah satunya adalah membuatnya terdengar stereo dan outputnya terasa luas (wide).

Caranya gampang banget guys! Kalian bisa memanfaatkan salah satu Preset yang ada di aplikasi Adobe Audition.

Bagaimana Caranya? Ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!

Tutorial Buat Audio Terasa Stereo dan Luas di Adobe Audition

Pertama-tama, persiapkan dulu file audio yang akan kalian gunakan dan pastikan aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian.



Kalau sudah, jalankan aplikasi dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Open File

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka di layar kalian, masukkan file audio yang akan kalian jadikan sampel ke aplikasi. Caranya, kalian tinggal ‘Drag’ file audio dari folder ke Adobe Audition. Bila sudah masuk, maka akan muncul gambar spektrum audio di layar monitor.

Kalian bisa juga membukanya dari File > Open > Pilih File.

Untuk cara cepat, gunakan shortcut keyboard (Ctrl + O).



Langkah 2 – Gunakan Efek Stereo Expander

Bila audio sudah masuk ke dalam project, gunakan efek Stereo Expander untuk membuat audio kalian terasa stereo. Caranya klik Effects > Stereo Imagery > Stereo Expander.

Langkah 3 – Ubah Preset ke Wider Field

Selanjutnya, pada jendela efek Stereo Expander ubah bagian Presets menjadi Wider Field. Dengan begitu audio kalian akan terdengar stereo dan wide.

Untuk memastikan bagaimana hasilnya, kalian tinggal ‘Play’ audio dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.



Langkah 4 – Apply

Kalau kalian merasa puas dengan hasil outputnya, yang kalian lakukan tinggal menekan tombol ‘Apply’ pada jendela Stereo Expander. Yup! Efek yang kalian pilih secara otomatis langsung teraplikasikan.

Gimana guys? Ternyata gampang banget kan!

Kalau semisal kalian masih merasa bingung dengan tutorial yang ada di atas atau punya pertanyaan seputar Adobe Audition, silahkan tanyakan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password