Tutorial Atasi Keyframe di Adobe Audition Tidak Berfungsi


Oke guys tutorial kali ini bukan tentang efek-efek atau trik-trik dalam memoles audio. Melainkan tutorial untuk atasi salah satu masalah yang kadang suka membuat bingung sebagian pengguna DAW Adobe Audition.

Yakni, ketika keyframe tidak bisa di-custom. Untuk beberapa versi Adobe Audition, kalian bisa langsung mengatur secara suka-suka keyframe di audio klip. Namun, ada beberapa versi yang keyframenya tidak bisa di-klik, sehingga sulit membuat keyframe.

Oh ya perlu diketahui keyframe di sini biasa berfungsi untuk mengatur audio channel dan volume secara manual, sehingga klip di dalam 1 Track boleh jadi tiap bagiannya punya setting volume dan audio channel yang berbeda-beda.

Gimana caranya? Langsung ikutin caranya di bawah ini!



Tutorial Atasi Keyframe di Adobe Audition Tidak Berfungsi

Pertama-tama yang perlu kalian persiapkan adalah sampel audio dan pastikan aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian .

Bila sudah, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buka/Buat File Multitrack

Kalau kalian belum memiliki Project Multitrack, silahkan buat terlebih dahulu dengan cara klik File > New > Multitrack Session.

Beri nama dan atur sesuai kebutuhan, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.



Langkah 2 – Drag Audio ke Salah Satu Track

Selanjutnya, ‘Drag’ file audio dari folder ke salah satu Track. Maka akan terlihat gambar spektrum audio pada layar monitor kalian.

Bisa kalian coba klik pada bagian garis lurus di tengah klip, pada beberapa kasus garis tersebut tidak bisa di-klik sehingga tidak memungkinkan pengguna untuk mengatur keyframe. Pada langkah selanjutnya, akan terlihat bagaimana cara mengatasinya.

Langkah 3 – Klik Tanda Panah bagian Bawah Track

Langkah selanjutnya, klik tanda panah seperti pada gambar yang lokasinya ada di bagian bawah pada setiap track.



Setelah kalian klik, maka akan ter-expand dan muncul pengaturan seperti gambar di atas.

Langkah 4 – Ceklis Envelope

Pada pengaturan yang sudah buka, klik pada bagian Envelope dan beri ceklis pada part yang kalian ingin berikan keyframe. Misal Volume, Pan atau boleh keduanya.

Langkah 5 – Pilih Opsi Select

Pada kolom ‘Select’ pilih opsi yang akan kalian atur keyframenya.

Langkah 6 – Atur Keyframe

Setelah kalian memilih opsi pada kolom ‘Select’ maka akan muncul garis pada timeline dan kalian sudah bisa mengatur keyframe sesuai dengan kebutuhan.

Gimana guys, ternyata gak susah kan? Hanya agak sedikit tersembunyi.

Kalau kalian masih agak bingung dengan tutorial di atas, atau punya trik yang berbeda dengan langkah di atas, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password