Tutorial Atasi Audio Level Rendah dengan Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini sederhana banget, tapi berguna buat kalian yang mendapatkan klip dengan audio level yang rendah. Tentunya hal teknis semacam itu bisa ditemui oleh kalian.

Yang kalian perlu lakukan menaikkan audio level-nya, namun tetap pada limit dan tidak melebihi standar audio level. Jangan sampai, pengaturan yang kalian pilih malah membuat klip menjadi over clipping. Oh ya, kalau semisal kalian malah alami over clipping pada audio, kalian bisa ikuti tutorial pada link ini ya guys!

Bagaimana sih caranya? Kira-kira bakalan susah gak ya?

Gampang kok guys! Ikutin tutorialnya di bawah ini ya!



Tutorial Atasi Audio Level Rendah dengan Adobe Audition

Yang pertama, siapkan audio yang akan kalian edit dan pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau laptop kalian.

Kalau sudah, jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka.

Langkah 1 – Open File

Setelah aplikasi Adobe Audition sudah terbuka di layar monitor kalian, masukkan klip dengan cara ‘Drag’ file dari folder ke Adobe Audition.

Bila sudah, maka akan muncul gambar spektrum audio di layar monitor.



Langkah 2 – Gunakan Efek Amplify

Setelah audio masuk ke dalam Adobe Audition, langkah selanjutnya adalah menggunakan Amplify. Caranya klik Effects > Amplitude and Compression > Amplify.

Naikkan audio boost sesuai dengan kebutuhan, di sini kita akan menggunakan Presets yang “+10dB Boost”. Bila sudah langkah selanjutnya klik ‘Apply’.

Langkah 3 – Aktifkan Single-band Compressor



Beberapa bagian spektrum audio terlihat menabrak audio level, maka yang harus kalian lakukan adalah membatasi audio level menjadi -3dB dengan efek Single-band Compressor. Caranya klik Effects > Amplitude and Compression > Single-band Compressor.

Setelah efek terbuka, ubah kolom ‘Presets’ menjadi ‘Voice Leveler’. Kemudian ubah bagian ‘Thresold’ menjadi -3dB dan klik ‘Apply’.

Langkah 4 – Export

Selanjutnya adalah mengexport audio kalian dengan cara klik File > Export > File.

Gimana? Gampang banget kan guys!

Kalau kalian ada pertanyaan tentang tutorial di atas, silahkan tanya di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password