Trik Audition: Transisi Audio Seolah Keluar Ruangan Pesta


Oke guys, tutorial kali ini masih terinspirasi dari sebuah film yang sebetulnya kebalikan dari artikel sebelumnya di mana membahas efek transisi seperti masuk ke sebuah nightclub. Nah, kalau yang ini justru kebalikannya guys!

Kita akan buat transisi audio di Adobe Audition, seolah keluar dari ruangan pesta. Biasanya scene semacam ini banyak di film-film, di mana audio dari musik yang diputar dalam pesta tersebut terdengar dari full hingga ke pelan dan agak mendem.

Langsung aja deh ikutin tutorialnya di bawah ini guys!

Trik Audition: Transisi Audio Seolah Keluar Ruangan Pesta

Sebelum kita mulai, kalian bisa siapkan dulu musik-musik ala party yang meriah dan pastikan aplikasi Adobe Audition terpasang di PC kalian.



Kalau sudah, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Membuat Multitrack Session

Setelah aplikasi Adobe Audition terbuka, buat ‘Multitrack Session’ dengan cara klik File > New > Multitrack Session.

Beri nama project yang akan kalian buat, kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Drag Sampel ke Salah Satu Track



Kalau Multitrack sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah memasukkan sampel audio ke aplikasi Adobe Audition. Kalian tinggal ‘Drag’ sampel tersebut ke salah satu Track dari project yang sudah ada.

Kalau sudah, maka akan muncul spektrum audio pada Track yang sudah kalian pilih.

Langkah 3 – Gunakan ‘High Shelf Gain’ Keyframe

Selanjutnya, kalian pergi ke bagian Track yang kalian gunakan, kemudian klik ‘Tanda Panah’ seperti di gambar untuk menggunakan keyframe.



Pada kolom Show Envelopes pastikan opsi ‘High Shelf Gain’ sudah tercentang, caranya klik Envelopes > Track EQ > High Shelf Gain.

Langkah 4 – Buat Keyframe Menurun

Kalau kalian lihat garis lurus yang berada di tengah itu merupakan audio dengan output normal. Ketika kalian membuat garis tersebut berada di bawah maka audio terdengar mendem seolah terhalang tembok.

Untuk membuat transisi yang halus agar musik terdengar seolah dari dalam ke luar ruangan, kalian perlu membuat keyframe menurun seperti yang kalian lihat pada gambar.

Langkah 5 – Aktifkan Toogle EQ

Sebelum kalian putar audionya, jangan lupa untuk aktifkan Toogle Power pada kolom EQ. Setelah sudah, coba kalian mainkan audio dengan menekan tombol ‘Space’ di keyboard kalian dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Kalau kalian sudah puas dengan hasilnya, jangan lupa untuk simpan dan export project kalian ya guys!

Dan apabila ada pertanyaan seputar tutorial di atas, jangan ragu untuk tanyakan di kolom komentar. Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password