Setting Input Focusrite Mono ke Stereo di Adobe Audition


Dalam beberapa kasus mungkin kalian yang menggunakan sound card Focusrite di Adobe Audition pernah mengalami kebingungan. Misalnya saja pada saat merekam audio dengan microphone, kemudian ketika didengarkan melalui headphone suaranya hanya sebelah. Bisa jadi headphone sebelah kiri atau kanan. Pernah mengalami?

Tenang! Headphone kalian gak rusak kok, hanya saja input dari audio pada sound card kalian pada pengaturan mono.

Yang perlu kalian lakukan adalah mengubahnya dari input mono ke stereo. Agar suara pada audio kalian terdengar dari headphone kiri dan kanan.

Gimana caranya? Ikutin tutorial singkat dan mudahnya berikut ini!



Setting Input Focusrite Mono ke Stereo di Adobe Audition

Perlu dicatat kembali tutorial kali ini menggunakan sound card Focusrite dan aplikasi Adobe Audition ya! Berbeda tipe atau jenis boleh jadi akan mendapatkan ‘case’ yang berbeda juga.

Langsung kalian buka aplikasi Adobe Auditionnya!

Langkah 1 – Buka Audio Channel Mapping

Untuk membuat perubahan pada Audio Channel Mapping kalian bisa pergi ke Tab Edit > Preferences > Audio Channel Mapping.

Langkah 2 – Ubah Settingan Default Stereo Output



Pada settingan Default Stereo Output, terlihat kalau Device Channels pada bagian L (Left) dan R (Right) menggunakan device input yang berbeda (Input 1 dan Input 2). Inilah yang menyebabkan audio yang masuk (Input 1) hanya sebelah.

Yang perlu kalian lakukan mengubah bagian Device Channel pada L (Left) dan R (Right) menjadi sama. Sehingga pada input audio (Input 1) nantinya akan masuk pada channel kiri maupun kanan.

Langkah 3 – Klik Ok

Kalau sudah, pada jendela ‘Preferences’ klik tombol ‘Ok’.



Langkah 4 – Coba Rekam

Seharusnya dengan settingan yang dilakukan, audio yang dihasilkan sudah stereo. Hal tersebut bisa kalian dengar dengan headphone atau pada bagian audio terlihat spektrum berada di 2 sisi (atas dan bawah).

Gimana? Agak ribet ya?

Kalau ada hal yang ingin ditanyakan seputar tutorial di atas atau punya pertanyaan yang berkaitan dengan Adobe Audition lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password