Photoshop: Cara Membuat Carousel Seamless Instagram


Membuat Carousel Instagram – Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat Instagram Seamless Panorama.

Instagram Seamless adalah fitur yang dimiliki oleh Instagram untuk menggabungkan banyak foto dalam satu postingan saja, seperti foto panorama.

Bagaimana caranya membuat konten Instagram dengan banyak slide yang menyambung dengan desain yang rapih dan beraturan?

Nah, yang perlu kalian lakukan untuk memposting gambar yang banyak dan panjang, kalian hanya perlu membagi panorama kalian menjadi beberapa gambar, dan menguploadnya hanya dalam satu postingan saja.



Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, saya akan memberikan cara mudah, untuk memebuat Carousel menggunakan Photoshop, berikut ulasannya.

Cara Membuat Carousel Instagram

Sebenarnya membuat Carousel ini tidak begitu sulit geng, kalian tidak memerlukan skill yang hebat untuk membuatnya, dengan cara ini kalian sudah mampu membuatnya, berikut tutorialnya.

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Photoshop kalian, lalu buka dimensi baru dengan cara tekan tombol Ctrl+N pada keyboard kalian, lalu buat ukuran dimensi 1080×1080 Piksel, lalu pilih Color Mode RGB Color 8 bit, ini akan membuat¬† template dasar dari Carousel, seperti gambar berikut.

cara membuat courasel

Langkah 2

Setelah itu kalian pergi kemenu Image>Canvas Size atau kalian tekan tombol Alt+Ctrl+C, lalu ubah width size 400>Precent>Anchor kemudian klik ok.



cara membuat carousel

 

400 yang berarti akan membuat Layout menjadi 4, jika kalian ingin membuat 1-10 Layout, berarti width sizenya 100-1000.

Langkah 3

Setelah melakukan perubahan Canvas Size pastinya templat yang pertama kalian buat sudah menjadi panjangkan geng, selanjutnya tinggal kalian beri garis deh, untuk memisakan jarak pada gambar, cara pergi menu View dalam aplikasi Photoshop, pilih New Guide Layout, karna saya menggunakan 4 Layout berarti ketik nomor 4 pada kolom number.

Tutorial membuat Carousel



Langkah 4

Jika garis-garis tersebut sudah jadi tinggal kalian beri Slice tool deh, kalian pergi ke menu tool yang ada di pojok kiri Photoshop lalu cari menu Slice tool sepert gambar berikut ini.

Instagram Carousel

Langkah 5

Jika sudah lalu klik kanan pada layout yang sudah kita buat tadi, pilih Divide Slice, ubah jumlah Slices Down dan Slices Across, sesuaikan dengan layout yang kalian buat, misalnya layout yang kalian buat adalah 6 bagian berarti kalian ubah Slices Across ke angka 6, pada kolom Slices Down kalian isi 1 saja.

Carousel seamless instagram

Langkah 6

Masukan foto yang ingin kalian ubah menjadi bagian Carousel, dengan cara, Ctrl+O lalu pilih foto, dan pindahkan ke kolom layout yang sudah jadi, lalu sesuaikan dengan kolom layout tersebut, kurang lebih seperti ini.

OKEGUYS.COM

Langkah 7

Jika sudah langsung save saja, tekan tombol Ctrl+Shift+Alt+S, nanti akan muncul menu save seperti ini, lalu ganti format foto menjadi JPEG dan Save.

PANORAMA

Jika selesai jadinya akan seperti ini.

instagram

Selesai Carousel Seamless Instagram kalian sudah jadi, tinggal abadikan saja deh, mudah bukan? Semoga bermanfaat, dan jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial asik dan menarik hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password