Menyatukan Beberapa Potongan Klip Audio di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini mungkin sudah banyak yang tau, tapi untuk pemula sih bermanfaat banget. Yakni, cara bagaimana menggabungkan beberapa klip yang terpisah dalam sebuah Track di Adobe Audition.

Sebetulnya cara ini cukup berguna ketika kalian bekerja dalam Multitrack dengan begitu banyak potongan klip. Dari pada ada potongan klip yang terpisah ketika digeser, lebih baik kalian gabungkan potongan-potongan klip dalam Track tersebut menjadi satu.

Bagaimana caranya? Biar kalian tau dan paham, langsung aja deh kita ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Menyatukan Beberapa Potongan Klip Audio di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkahnya, kalian bisa persiapkan dulu beberapa audio sebagai contoh untuk menggabungkan audio klip menjadi 1. Selain itu, pastikan juga nih kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian.



Kalau sudah, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buka/Buat Project

Kalau kalian sudah mempersiapkan project yang sebelumnya kalian buat, kalian bisa membuka project tersebut, tinggal klik File > Open > Pilih file .sesx.

Kalau belum, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.

Langkah 2 – Susun Klip



Setelah kalian sudah membuka Multitrack, langkah selanjutnya adalah menyusun potongan-potongan klip sejajar dalam 1 Track. Perlu dicatat, untuk menggabungkannya harus dalam 1 Track yang sama ya guys!

Langkah 3 – Lakukan Seleksi

Selanjutnya, lakukan seleksi pada potongan-potongan klip yang akan kalian gabungkan. Kalian bisa melakukan seleksi lebih dari 2 klip, yang terpenting masih sejajar dalam 1 Track yang sama.

Langkah 4 – Merge Clips

Setelah sudah terseleksi, kalian gabungkan dengan cara klik kanan > Merge Clips. Maka secara otomatis, audio klip yang tadinya terpisah langsung menjadi satu.



Gimana guys? Ternyata gampang banget kan? Kalian bisa coba praktikan ketika mengedit audio ya guys! Biar gak lupa!

Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, kalian jangan ragu untuk tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password