Menutup Sampel Musik dengan Reverb di Adobe Audition


Oke guys, ketika kalian membuat sebuah sampel lagu atau audio, ada beberapa pilihan cara untuk menutup lagu tersebut. Ada lagu yang ditutup patah begitu saja, menggunakan fade out, hingga penutupnya menggunakan Reverb.

Nah, pada tutorial kali ini akan membahas cara, bagaimana menutup sebuah sampel lagu menggunakan Reverb. Kira-kira bakalan susah gak ya?

Biar gak bingung, mending kalian langsung ikutin beberapa tutorial berikut ini ya!

Menutup Sampel Musik dengan Reverb di Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih detail, kalian bisa persiapkan dulu sampel lagu yang akan kalian tutup dengan Reverb nanti nya. Kemudian, pastikan juga nih, kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di Laptop atau PC kalian ya!



Kalau sudah, kalian tinggal jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buat Multitrack

Setelah aplikasi terbuka di layar monitor, selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat Multitrack Session. Untuk melakukannya, kalian bisa klik kolom File > New > Multitrack Session.

Selanjutnya kalian akan diminta untuk memberikan nama project tersebut. Beri nama, kemudian klik ‘Ok’.

Langkah 2 – Masukkan File Audio



Setelah kalian membuat Multitrack langkah selanjutnya adalah memasukkan file audionya. Kalian bisa langsung lakukan ‘Drag’ file audio tersebut dari folder ke Adobe Audition. Kalau sudah, maka akan muncul gambar spektrum audio di layar monitor kalian.

Langkah 3 – Potong Bagian Akhir

Selanjutnya, kalian tentukan kira-kira bagian akhir mana yang akan kalian berikan reverb. Usahakan tidak terlalu panjang dan ketukannya juga tepat, sehingga saat ditutup dengan Reverb audionya terdengar “Pas”.

Potong bagian tersebut, gambar di atas hanya contoh dan kalian bisa sesuaikan dengan audio kalian sendiri.

Langkah 4 – Pindahkan Potongan dan Beri Reverb



Setelah kalian potong bagian akhir audio, pindahkan potongan tersebut ke Track yang berbeda dengan audio utama.

Kemudian, berikan efek Reverb dengan cara Klik Effects Rack > Reverb > Pilih Reverb. Di sini kita akan gunakan Full Reverb dengan Preset Great Hall.

Gimana guys gampang kan? Oh ya, agar lagu kalian ketika transisi ke Reverb tidak terasa patah, tambahkan efek Fade In pada sampel tersebut! Kalau kalian belum tau caranya, bisa lihat caranya di sini!

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password