Membuat Suara Telepon Tersambung dengan Adobe Audition


Oke guys, tutorial Adobe Audition kali ini bisa kalian gunakan untuk produksi film dengan scene menelpon seseorang. Kita akan membuat suara default telepon yang tersambung. Pasti tau dong pas kalian menelpon biasanya ada nada tunggu “Tut.. tut.. tut..”? Nah! Kita akan buat nada tersebut nih.

Bagaimana caranya? Susah gak ya kira-kira?

Biar gak bingung, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya guys!

Membuat Suara Telepon Tersambung dengan Adobe Audition

Pertama-tama pastikan dulu nih kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Kalau sudah terpasang, selnjutnya jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!



Langkah 1 – Buatlah Multitrack

Kemudian, setelah aplikasi terbuka di layar monitor kalian, buatlah Multitrack untuk project kalian. Caranya kalian klik File > New > Multitrack Session.

Kemudian akan muncul kotak yang meminta kalian mengisi nama project, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah selesai.

Langkah 2 – Generate Tone

Selanjutnya, untuk membuat suara seperti telepon tersambung kalian bisa membuatnya dengan fitur Tone di Adobe Audition. Caranya pergi ke kolom Effects > Generate > Tone.



Masih pada preset pengaturan default kalian klik ‘Ok’.

Langkah 3 – Atur Ritme atau Irama

Bunyi yang dihasilkan dari fitur Tone masih belum ada ritmenya nih guys. Kalian buat ritme bunyi “Tut” yang ada, menjadi seperti suara telepon yang menyambung.



Susun menjadi 2 detik bunyi “tut” dan 3 detik jeda kosong. Buat berulang-ulang sesuai kebutuhan seperti contoh gambar di atas.

Langkah 4 – Efek GuitarSuite

Ini opsional sih, semisal kamu ingin membuat suara sambungan telepon terdengar lebih cempreng seperti dari speaker handphone, kalian bisa tambahkan efek GuitarSuite dengan preset The Old School. Caranya klik Effects Rack > Special > GuitarSuite.

Kemudian jendela GuitarSuite akan terbuka, kalian ubah presetnya menjadi The Old School.

Gimana guys, gampang banget kan ternyata setelah kita coba?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas dan punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, kalian jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi guys!

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password