Keren Abis! Ini Cara Kasih Efek Kertas Pada Foto Kamu


Pastinya bosen banget ya punya foto yang gitu-gitu aja, paling bedanya cuma di gaya atau latar fotonya aja, ya sukur-sukur gak beda wujud, kalo berubah sih serem banget.

Kadang bingung juga sih ya mau diapain fotonya, udah berjam-jam utak-atik filter dan warna, masih aja merasa ada yang kurang. Rasanya kayak taman tanpa bunga, sayur tanpa garam dan nasi goreng tanpa nasi, ya begitulah kira-kira.

Buat kamu yang bosen ngedit foto begitu-gitu aja dan mau coba sesuatu yang baru (sebenernya gak baru-baru amat), boleh dicoba nih teknik editing foto satu ini, dimana foto kamu akan memiliki tekstur seperti kertas yang sedikit lecek.

 



1. Siapkan bahan-bahan

Karena kamu akan ngedit foto, jadi bahan-bahan yang harus kamu sediakan tentunya bahan fotonya dong, masa bahan-bahan buat hidroponik. Selain menyiapkan foto yang akan kamu edit, kamu juga harus menyiapkan gambar tekstur kertasnya.

Ini bisa kamu cari di Google guys, coba aja cari “Paper Texture Overlay”. Nah muncul deh tuh tekstur-tekstur kertas yang keren, ohiya kalau lagi tanggal tua, cari yang gratisan aja ya.

2. Masukan ke dalam Photoshop

Kali ini masih berkutat dalam Photoshop, masukan kedua bahan tadi ke dalam Photoshop dengan susunan gambar tekstur kertas ada di atas layer foto kamu.



3. Pilih Blending Mode

Saatnya memberikan efek kertasnya guys! Pada bagian atas layer kamu, ada tulisan ‘Normal’ kan? Nah ini Namanya Blending Mode. Banyak jenis Blending Mode yang bisa kamu gunakan, tapi untuk trik editing ini kita akan menggunaan yang Multiply.

4. Beri sedikit sentuhan

Setelah kamu berikan Multiply, kamu bisa me-retouch lagi fotonya agar hasilnya sesuai dengan yang kamu mau. Kamu bisa memainkan exposurenya atau warna fotonya.

5. Tinggal save deh!

Kalau kamu rasa semuanya udah cukup, kamu tinggal save sesuai format yang kamu mau. Bebas, mau Jpeg atau Png kek, asal jangan Txt aja, percuma dari tadi belajar.



 

Gimana guys? Gampang kan? Foto kamu juga jadi lebih keren daripada biasanya. Ohiya metode ini juga bisa lho kamu gunakan untuk buat efek-efek foto dengan tambahan handlettering gitu, biar kayak anak puisi-puisi gitu hehehe. Selamat mencoba guys!

Pakar Perdesignan Duniawi

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password