Fill dan Opacity pada Photoshop, Apa Bedanya?


Ketika menjalankan software Photoshop dan kamu sudah memasukan objek dalam layer project kamu, kamu akan menemukan Opacity dan Fill pada Tab Layers.

Sekilas, keduanya memang punya fungsi yang sama. Ketika dalam posisi 100%, keduanya membuat gambar menjadi solid. Sedangkan jika kamu menggesernya ke arah 0%, gambar akan menghilang.

Meskipun keduanya berfungsi untuk memainkan transparansi objek, namun keduanya punya peran yang berbeda dalam memainkan transparansi objek lho.

Dari pada bingung, mending kita langsung buktikan dengan percobaan di bawah ini kuy!



 

Percobaan Pertama

Di bawah ini kita sudah siapkan dua objek test yang sama dengan opacity dan fill yang sama yaitu 100%. Kemudian ketika dua objek ini diturunkan masing-masing opacity dan fill-nya, maka akan membentuk hasil seperti di bawah ini.

Pada percobaan pertama ini, kedua objek tidak memiliki perbedaan sama sekali ketika persentase opacity dan fill-nya diturunkan. Mari kita lanjut ke percobaan selanjutnya!

Percobaan Kedua

Pada percobaan kedua ini, kita buat kedua objek sedikit berbeda. Kedua objek kita berikan stroke melalui blending mode dan kita lakukan hal yang sama seperti pada percobaan pertama, yaitu menurunkan opacity dan fill-nya.



Pada percobaan kali, terlihat ada perbedaan dari kedua objek. Pada objek yang opacity-nya kamu turunkan, objek secara keseluruhan akan berkurang transparansinya. Sedangkan pada objek yang fill-nya kamu turunkan, hanya bagian isi objek saja yang transparansinya berkurang.

Kesimpulannya

Jika opacity objek kamu turunkan, maka secara keseluruhan transparansi objek akan berkurang. Hal ini termasuk dengan efek yang kamu berikan pada objek.

Sedangkan jika kamu menurunkan fill objek, sesuai namanya, hanya bagian isi yang akan berkurang transparansinya. Efek-efek seperti stroke, outer glow, drop shadow dan lainnya tidak akan terpengarung dengan pengurangan fill tersebut.

Sekarang udah tau kan bedanya opacity dan fill? Nah, jangan sampai salah dan tertukar lagi nih penggunaannya. Semoga bermanfaat guys!



Pakar Perdesignan Duniawi

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password