Tutorial Cara Merubah Foto Menjadi Sketsa Pensil di Adobe Photoshop


OKEGUYS – Merubah warna foto menjadi sketsa pensil mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya ya geng, namun bagi kalian yang ingin tau bagaimana caranya ikuti terus ya artikel yang satu ini.

Foto yang dirubah menjadi sketsa pensil ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, dan mengabadikannya ke media sosial mereka.

Bagi kalian yang bisa membuatnya caranya cukup mudah geng, disini saya akan membagikan pengalaman saya tentang cara merubah warna foto dan menjadi sketsa pensil, berikut tutorialnya.

Cara Merubah Foto Menjadi Sketsa Pensil

Pada artikel kali ini kalian dapat menggunakan Versi Adobe Photoshop berapapun, seperti biasa saya menggunakan Adobe Photoshop 2020 ya geng.



Langkah 1 – Upload Foto

Pertama kalian masuk ke aplikasi Adobe Photoshop kalian lalu upload foto yang ingin kalian edit dengan cara pergi ke menu File>Open atau tekan tombol Ctrl+O pada keyboard kalian.

Jika sudah membuka foto dan gambar yang kalian ingin, kemudian duplikat layer dari foto tersebut, dengan cara klik kanan pada layer lalu pilih duplikat layer atau menekan tombol Ctrl+J, nanti akan ada dua layer seperti berikut.

 

Langkah 2 – Hitam Putih

Rubah warna gambar pada layer 1 paling atas atau yang kalian duplikat tadi menjadi hitam putih, dengan menekan tombol Ctrl+Shift+U, hasilnya akan seperti ini.



Langkah 3 – Duplikat Kembali

Jika warnanya sudah berubah lalu duplikat layer tersebut yang sudah menjadi hitam putih, lalu pada layer baru kalian tekan tombol Ctrl+I, gambar tersebut akan berubah menjadi efek film, berikut contohnya.

cara membuat sketsa pensil

Langkah 4 – Gaussian Blur

Selanjutnya klik Layer 2 lalu pergi ke menu Filter>Blur>Gaussian Blur, nanti akan muncul pop-up pengaturan filter tersebut, ubah radiusnya menjadi 5,0 semakin blur semakin bagus namun jangan terlalu over nanti hasilnya tidak bagus.



Langkah 5 – Sketsa Pensil

Selanjutnya tinggal tahap akhir geng, kalian klik pada Layer 2 dan ubah efeknya menjadi Color Dodge, seperti berikut ini.

foto sketsa pensil

Asilnya pun kurang lebih menjadi seperti ini.

Jadi deh Sketsa pensil yang kalian inginkan, selamat mencoba, dan jangan lupa ikuti artikel tentang tutorial lainnya hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password