Cara Menghilangkan Noise pada Audio di Adobe Audition


Guys, pasti bete dong kalau audio yang sudah kita rekam ternyata hasilnya kurang jernih karena ada gangguan ‘noise’. Nah, di beberapa situasi ‘noise’ yang ada pada audio masih  terbilang aman karena tidak berlebihan. Tapi, bagaimana kalau suara yang tak diinginkan tersebut terlampau mengganggu?

Bisa gak sih dihilangkan?

Yup! Kita bisa meredam si suara mengganggu tersebut dengan bantuan Software Adobe Audition. Yang jelas caranya gak ribet dan terbilang cukup mudah, ikutin tutorial ini ya!

Cara Menghilangkan Noise di Adobe Audition

Jalankan dulu aplikasi Adobe Audition, kemudian sembari menunggu terbuka kalian bisa persiapkan audio yang akan kamu coba hilangkan ‘noise’-nya.



Langkah 1 – Drag File Audio dari Folder

Setelah terbuka, kalian langsung ‘Drag’ file audionya ke Software Adobe Auditionnya. Maka, akan muncul ‘Audio Spectrum’ di layar kamu.

Langkah 2 – Klik Time Selection Tool

Kalian pilih ‘Time Selection Tool’, lokasinya ada di bagian atas layar kalian.

 



Kemudian kalian lakukan sedikit blok di audio pada bagian yang datar, hal ini bertujuan untuk mengambil sampel suara ‘noise’ pada audio.

Langkah 3 – Pilih Noise Reduction

Kemudian buka Noise Reduction’ dengan cara klik Effect > Noise Reduction/Restoration > Noise Reduction Process, atau kamu bisa langsung tekan tombol Ctrl+Shift+P.



Maka akan muncul tampilan di atas, setelahnya kalian tinggal klik tombol ‘Capture Noise Print’. Kemudian akan muncul semacam spektrum berwarna merah, kuning dan hijau.

Setelah ‘noise’ ter-capture, lakukan ‘Select All’ pada audio dengan langsung menekan tombol Ctrl+A, lalu tinggal klik Apply di bagian bawah kotak.

Selesai deh guys! Suara ‘noise’ yang ada pada audio kamu setidaknya akan berkurang, sehingga kualitas audio-nya akan jadi lebih baik.

Gimana mudah sekali, bukan? Kalau kalian sudah merasa cukup dengan hasilnya bisa langsung Save As audio tersebut sesuai dengan format yang kalian butuhkan.

Jangan ragu buat mencoba ya guys, karena kalau kalian punya request tutorial Adobe Audition lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password