Cara Membuat Watermark Pada Gambar di Adobe Photoshop


OKEGUYS.COM – Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat watermark di Photoshop pada gambar, Fungis watermark adalah, untuk melindungi gambar dari pencurian atau reupload.

Watermark adalah sebuah penanaman data pada gambar, berupa tulisan/gambar, yang dapat menghiasi gambar untuk di tampilkan dalam blog. Watermark memberikan informasi bahwa gambar tersebut sudah mempunyai hak cipta agar orang lain tidak bisa membajaknya.

Pada cara membuat watermark kali saya menggunakan bantuan Adobe Photoshop, dengan menggunakan software ini cara membuatnya pun menjadi cukup mudah, karna tidak memerlukan banyak langkah untuk cara pembuatannya.

Cara Membuat Watermark Menggunakan Photoshop

Sebelum memasuki langkah-langkah untuk pembuatannya, siapkan Software Adobe Photoshop terlebuh dahulu, bebas untuk versi berapa pun caranya tetap sama, tetap bisa kalian ikut. Berikut langkah-langkahnya.



Langkah 1 – Siapkan Bahan

Sebelumnnya masuk ke Photoshop, siapkan terlebih dahulu gambar yang akan di watermark dan logo atau tulisan yang akan menjadi watermarknya.

Langkah 2 – Buka Photoshop

Buka Photoshop kalian, jika sudah berada di dalamnya pilih lah menu File lalu Klik tulisan Open, pilih lah Logo atau tulisan yang akan menjadi Watermarknya. Disini saya sudah mempunyai satu logo berserta tulisan OKEGUYS.

cara membuat watermark


Langkah 3 – Membuat Watermark

Selanjutnya Klik pada bagian logo, untuk mengubahnya menjadi Watermark, lalu pergi ke menu Edit setelah itu pilih “Define Brush Present“.

edit watermark



Buat lah nama untuk watermarknya, untuk menandai agar mudah untuk mencarinya di kemudian hari.

membuat watermark


Langkah 4 – Tempel Watermark

Buka gambar yang ingin kalian pasangin Watermark, caranya sama seperti Langkah 1. Disini saya memakai gambar polos atau Backgroud.

gambar watermark

Selanjutnya kalian pilih menu Brush tool.



brush tool watermark

Jika sudah panah mouse akan berubah menjadi logo, dan arahkan mouse untuk menempel Watermark tersebut pada gambar. Jadi kurang lebih seperti ini.

Watermark

Nah mudah bukan cara membuat Watermark dengan Adobe Photoshop, sekarang jadi ga bakal di bajak lagi deh gambar buatan kalian. Jangan lupa Ikuti terus artikel seputar Tutorial hanya di OKEGUYS.COM.

Tags:

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password