Tutorial Cara Membuat Efek Dispresion di Adobe Photoshop


OKEGUYS – Masih tentang tutorial Photoshop ya geng, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat efek dispresion dengan mudah dan simpel.

Efek dispresion ini seakan akan membuat foto kita perlahan mulai menghilang seperti debu yang tertiup angin, memang sesuai namanya dispresion yang berarti, membuat sebagian foto gambar jadi menyebar.

Ada banyak teknik dan varisai dari efek dispersion ini. Namun pada tutorial kali ini saya hanya akan membagikan trik dasar membuat efek dispersion, yang nantinya bisa sobat kembangkan sendiri dengan bentuk dispersion yang lebih keren, berikut ulasan lengkapnya.

Cara Membuat Efek Dispresion Menggunakan Photoshop

Seperti yang kita ketahui pada dasarnya dengan membuat efek seperti ini mungkin cukup sulit bagi yang masih baru, namun tenang saja saya akan memberikan cara terbaik agar kalian lebih mengerti, simak tutorial berikut ini.



1. Masuk Photoshop kalian lalu upload foto yang ingin kalian edit, jika belum tau caranya, kalian tinggal cari menu File>Open atau menggunakan tombol Ctrl+O, untuk cara cepatnya.

2. Kemudian sleksi foto tersebut menggunakan Magic Wand Tool atau Object Seletcion Tool yang tersedia pada Photoshop 2020, kalian juga bisa menggunakan Quick Seletcion Tool, sleksi seperti gambar yang dibawah.

cara manipulasi efek dispresion

Jika sudah tersleksi kalian duplikat gambar tersebut dengan menekan tombol Ctrl+J jangan lupa duplikat dua kali, jika sudah tambahkan layer Mask pada layer empat dan lima seperti berikut.



 

Kemudian selection kembail pada layer background jika sudah tersleksi tekan tombol Ctrl+Shift+I fungsinnya untuk membalikan sleksi menjadi ke background, lalu tekan tombol Ctrl+J untuk memotong objek foto seperti berikut.

Lalu hapus Layer Background yang asli agar dapat diberikan efek dispresionnya, dengan cara klik kanan pilih menu delete layer.



3. Langkah selanjutnya tarik bagian gambar yang ingin diberi efek dispresionnya yaitu pada layer nomor empat, caranya tekan Shift+Ctrl+X, untuk menggunakan Forward Warp Tool jika sudah tertarik lalu klik ok, berikut contohnya.

4. Lalu ubah layer maks nomor 4 menjadi hitam menggunakan Paint Bucket Tool dengan menekan tombol G untuk menggunakannya.

5. jika sudah lalu kalian tekan B untuk menggunakan Brush Tool lalu pergi kemenu setting brush toolnya, ubah settingan kurang lebih seperti ini.

Namun sesuai kalian ingin memakai corak yang seperti apa untuk efeknya tinggal pilih saja, jangan lupa untuk merubah warnanya menjadi putih, jika sudah lalu tinggal kalian tempelkan pada gambar seperti berikut.

cara membuat efek dispresion

6. Untuk layer mask paling atas atau nomor 5, kalian rubah warna brush toolnya kewarna hitam, karna layer mask tersebut berwarna dasar putih, tempelkan pada setengah badanya seperti berikut.

Selesai deh Efek Dispresion kalian sudah jadi tinggal abadikan saja di sosial media, Selamat mencoba, semoga artikel bermanfaat untuk kalian, dan jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password